Pendidikan

Berdayakan Alumni Usai Wisuda, UMK Ditunjuk Penyelenggara Praktisi Mengajar

Senin, 06 Mei 2024 - 19:07 | 11.84k
Rektor UMK bersama rektor lainnya diundang dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Praktisi Mengajar tahun 2024. (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)
Rektor UMK bersama rektor lainnya diundang dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Praktisi Mengajar tahun 2024. (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KUDUSUniversitas Muria Kudus (UMK) diundang dalam seremoni penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Program Praktisi Mengajar tahun 2024.

Kegiatan yang bertempat di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, berlangsung Senin (06/05/2024).

Hal ini berkenaan dengan ditetapkannya UMK sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Tahun 2024. Dan diperkuat melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi.

Dalam kesempatan itu, Rektor UMK, Prof Darsono menyampaikan, saat ini banyak lulusan perguruan tinggi yang belum memahami dunia kerja, kondisi dunia kerja, maupun tantangan dunia kerja yang terjadi saat ini.

“Maka menghadirkan praktisi, supaya mahasiswa mengetahui dunia kerja saat ini, memberikan wawasan dan inspirasi yang terbaru. Untuk mahasiswa maupun dosen dalam rangka update penelitian maupun pengabdian,” tuturnya.

UMK mendapat kesempatan hibah kegiatan ini dengan 19 Rencana Kelas Kolaborasi (RKK). Adapun program studi yang terlibat, sambung Rektor, ialah Akuntansi (4 RKK), Bimbingan Konseling (3 RKK), Manajemen (2 RKK), PGSD (8RKK), serta Psikologi (2 RKK).

“Semoga kedepan semua Prodi bisa terlibat untuk memberi kekayaan terhadap materi PBM dan kompetensi alumni UMK,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Praktisi Mengajar adalah bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), merupakan Program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek dengan tujuan lulusan dari perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja.

Program praktisi mengajar memungkinkan praktisi mendarmabaktikan keahlian dan pengalamanya dengan ikut serta mengajar mahasiswa di kelas kolaborasi.

Harapannya, mahasiswa mendapat ilmu serta kecakapan sesuai kebutuhan dunia kerja dan profesional, pengalaman secara riil, serta jejaring dunia usaha dan dunia industri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES