Wisata

5 Air Terjun Terindah di Sumba Timur dengan Kesejukan dan Keindahan Alamnya

Kamis, 02 Mei 2024 - 03:16 | 117.03k
Air terjun yang indah mempesona di Sumba Timur. (FOTO: wikipedia)
Air terjun yang indah mempesona di Sumba Timur. (FOTO: wikipedia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Keindahan alam di Pulau Sumba khususnya di Sumba Timur tak akan habis dibahas. Mulai dari keindahan pantai, bukit hingga air terjun.

Di Sumba Timur, ada lima air terjun terindah dengan kesejukan alam yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pemerhati alam dan pariwisata Sumba Harfian Umbu, Rabu (1/5/2024) mengungkap di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur.ada sebuah air terjun yang punya corak goresan bekas aliran sungai dengan membentuk tangga alami yang tampak eksotik.

“Air terjun Tanggedu juga bagaikan oase di tengah padang sabana karena kiri kanannya terdapat hamparan sabana indah yang akan dilewati saat berjalan menuju air terjun,” tuturnya.

Keunikan air terjun Tanggedu ini sangat menakjubkan. Air terjun ini muara dari beberapa aliran sungai yang berbeda maka terciptalah beberapa kolam dengan ukuran dan kedalaman yang bervariasi di tempat itu. 

Di Desa Ngaru Kanoru, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, ada air terjun Waimarang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar dua meter dengan air mengalir berbentuk melingkar diantara tebing tinggi. Sementara di bawahnya tampak kolam alami dengan warna airnya berwarna biru kehijauan membuat suasana semakin indah dan menyegarkan

“Air terjun Waimarang ini memiliki tiga tingkatan. Namun banyak pengunjung yang hanya berekreasi di tingkat tiga saja karena kalau ke tingkatan satu dan dua kita perlu ke arah turunnya air di tingkatan ketiga dengan cara naik, harus merayap lagi di dinding tebing sampai mencapai kedua tingkatan,” ujarnya.

Air terjun ketiga adalah Air Terjun Koalat yang berada di Desa Maidang, Kecamatan Kambata Mapabuhang, Sumba Timur. Air terjun ini memiliki pesona dan memikat, mengingatkan banyak orang pada air terjun Niagara. Air terjun Koalat berbentuk memanjang dengan arus yang deras terutama ketika musim hujan tiba.

“Bentuknya terbilang luas sehingga memudahkan kita untuk berenang tana hambatan,” jelasnya.

Berikutnya adalah air terjun Gunung Meja di Desa Kutta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Air terjun ini memiliki cukup dalam dan airnya sangat jernih. Tak hanya itu saja, pemandangan di sekitarnya sangat yang indah dan mempesona. Karena lokasinya di tengah hutan, air terjun ini masih jarang dikunjungi wisatawan. 

“Yah, untuk mencapai air terjun ini membutuhkan perjalan sekitar 2 dua jam dari Kota Waingapu karena akses jalannya juga masih belum bagus,” paparnya.

Kelima, air terjun Kanabu Wai. Air terjun ini mempunyai pemandangan indah terbaik.  Air terjun ini tidak begitu tinggi dengan aliran air yang tidak deras. Sekitar empat atau lebih aliran air terjun keluar dari celah berbatuan. Aliran airnya membentuk undakan yang tampak eksotik apalagi ditumbuhi tanaman hijau di sekitarnya.

“Jika tertarik mengunjungi air terjun Kanabu Wai, harus persiapkan fisik dahulu karena medannya terjal sedangkan untuk mencapainya dibutuhkan waktu sekitar 4 – 5 jam ke lokasi tersebut,” tutup Harfian. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES