Peristiwa Internasional

TV9 Nusantara dan SCTV Berpartisipasi dalam Youth News Room UNESCO di Chile

Kamis, 02 Mei 2024 - 08:46 | 15.58k
Anjas Pramono dari divisi IT & Content Development TV9 (berkopyah) bersama jurnalis lainnya. (Foto: TV9 for TIMES Indonesia)
Anjas Pramono dari divisi IT & Content Development TV9 (berkopyah) bersama jurnalis lainnya. (Foto: TV9 for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CHILE – Dalam rangka peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia yang jatuh setiap tanggal 3 Mei, UNESCO menyelenggarakan perayaan bertema "A Press for the Planet: Journalism in the face of the Environmental Crisis". Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 2-4 Mei 2024 di Santiago, Chile.

Even ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran dan kompetensi jurnalis muda dalam menghadapi isu-isu lingkungan. Indonesia, yang diwakili oleh TV9 Nusantara dan SCTV, mengirimkan Anjas Pramono dari divisi IT & Content Development TV9 sebagai delegasi. Acara ini mengumpulkan dua puluh jurnalis, aktivis, dan influencer dari berbagai negara seperti Bosnia-Herzegovina, Colombia, Kenya, dan tentu saja Indonesia.

Anjas Pramono melaporkan, pertemuan ini untuk melatih para peserta sebagai factchecker, guna mengidentifikasi dan menanggulangi bias informasi yang sering muncul di media sosial, terutama yang berkaitan dengan isu krisis lingkungan. UNESCO menyatakan pentingnya peran Youth News Room ini sebagai bagian dari inisiatif 'Media Social 4 Peace', yang didukung oleh Uni Eropa.

"Alhamdulillah TV9 terpilih sebagai salah satu media yang diharapkan dapat menyebarkan informasi yang benar mengenai isu-isu krisis lingkungan dan upaya penyelamatan bumi," ujarnya.

Selain berpartisipasi dalam Youth News Room, TV9 Nusantara bersama SCTV mendapat kesempatan ini setelah berhasil menjadi finalis pada Kompetisi Election Hackathon 2023 yang diselenggarakan pada 15 Desember tahun lalu. Inovasi 'Guardian AI', sebuah platform yang mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi berita palsu dan mengurangi penyebaran ujaran kebencian, menjadi kontribusi TV9 dalam kompetisi tersebut.

"Dari Chile, saya berencana melaporkan fenomena isu lingkungan dan perubahan iklim serta penggunaan teknologi digital untuk misi penyelamatan bumi kepada pemirsa dan pengikut TV9," tambah Anjas, menandaskan komitmen TV9 dalam menyediakan informasi akurat dan edukatif kepada masyarakat. (*)

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES