Peristiwa Daerah

Ribuan Orang Padati Pementasan Wayang Kulit di Kampus UAD Yogyakarta

Sabtu, 05 Januari 2019 - 23:12 | 130.74k
Suasana pementasan wayang kulit oleh dalang Ki Seno Nugroho di Kampus 4 UAD Yogyakarta. (FOTO: Reno Diqqi Alghozali/TIMES Indonesia)
Suasana pementasan wayang kulit oleh dalang Ki Seno Nugroho di Kampus 4 UAD Yogyakarta. (FOTO: Reno Diqqi Alghozali/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Ribuan orang memadati Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Sabtu malam (5/1/2019). Kedatangan warga di kampus UAD yang terletak di Jalan Ringroad Selatan, Banguntapan, Bantul tersebut untuk menyaksikan wayang kulit yang dimainkan dalang Ki Seno Nugroho.

Ya, pentas wayang kulit dengan lakon Amarta Binangun merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Milad UAD ke-58.

“Mahasiswa harus mencintai budaya apalagi budaya wayang. Wayang kulit memang tidak tidak begitu banyak dikenal pada zaman sekarang. Pentas wayang kulit ini bertujuan agar anak-anak mencintai budaya,” kata Rektor UAD Dr Kasiyarno.

times-indonesia-wayang-kulit.jpg

Selain warga setempat, para mahasiswa, dosen, karyawan, dan pejabat kampus UAD juga turut menyaksikan pentas wayang. Tak ketinggalan, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi turut hadir.

“Animo masyarakat yang ingin menyaksikan wayang kulit membuktikan bahwa masyarakat Yogyakarta dan para akademisi sesungguhnya sangat mencintai budaya warisan leluhur,” kata Ketua Panitia Acara, Unggul Haryanto Nur Utomo.

Seorang penonton, Sulis mengatakan informasi mengenai adanya pementasan wayang kulit di kampus UAD ia dapatkan dari media sosial. “Saya penggemar wayang apalagi dalangnya Ki Seno,” kata Sulis.

times-indonesia-wayang-kulit-b.jpg

Senada disampaikan Sumiyem. Warga Banguntapan ini mengaku sejak kecil dirinya gemar menonton pementasa wayang kulit. Ia datang ke lokasi acara bersama anak dan cucunya. Tujuannya agar mereka mencintai budaya warisan leluhur.

“Anak-anak sejak kecil perlu dikenalkan budaya wayang kulit agar budaya kita tidak hilang,” kata Samiyem. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES