Wisata

Berkenalan dengan Si Unyil di Museum Sanggar Gubug Wayang

Selasa, 22 Januari 2019 - 16:42 | 281.53k
Museum Sanggar Gubug Wayang. (FOTO: Niki Ratna)
Museum Sanggar Gubug Wayang. (FOTO: Niki Ratna)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTOMuseum Sanggar Gubug Wayang menjadi salah satu tempat yang patut Anda kunjungi jika ke Mojokerto. Museum yang terletak di Jalan R.A Kartini No.23, Kota Mojokerto, ini memamerkan beragam wayang, pusaka asli Indonesia, musik tradisional, mainan anak jaman dahulu, dan topeng.

Yesen Project Indonesia sengaja membuat museum yang resmi dibuka pada 15 Agustus 2015 ini. Museum tiga lantai ini didirikan sebagai wujud rasa perduli terhadap seni budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Pada lantai pertama terdapat beraneka macam boneka Si Unyil. Itu karena Alm Pak Raden, inisator Unyil, turut andil meresmikan museum sanggar gubug wayang ini.

Museum-Sanggar-Gubug-Wayang.jpg

Semua koleksi boneka Unyil, Pak Ogah, Pak Raden dan kawan-kawan lainnya diwariskan di museum. Di museum ini pula bisa melihat berbagai ekspresi Unyil dan tokoh lainnya. Mulai dari tersenyum, sedih, juga marah.

Sedangkan di lantai dua dan tiga ada berbagai jenis wayang hasil hibah dari komunitas pecinta seni se Kabupaten Kota Mojokerto. Wayang dari seluruh cusantara hingga China berada di sini. Termasuk wayang para tokoh besar seperti presiden pertama Soekarno sampai sekarang Joko Widodo. Aktor ibu kota seperti grup warkop DKI atau grup lawak yang lainnya yang dinamakan wayang dagelan.

Agar pengunjung nyaman, pengelola meletakkan aneka bunga yang beralaskan daun pisang. Alasannya, khawatir koleksi akan rusak jika menggunakan pengharum ruangan kimiawi.

Tertarik berkunjung ke Museum Sanggar Gubug Wayang? Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 30.000 per orang. Yuk belajar ke museum ini!(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Mojokerto

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES