Adv

PT Hino Berikan CSR 1 Unit Dutro ke SMK Negeri 1 Singosari Malang

Rabu, 04 Januari 2023 - 18:00 | 112.07k
Irwan Supriyono, After Sales Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyerahkan secara simbolis kepada drs. Suharto, Mpd kepala SMK negeri 01 Singosari Kabupaten Malang satu unit Dutro, di Aula Wiyata Mandala, Rabu (4/1/2023).
Irwan Supriyono, After Sales Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyerahkan secara simbolis kepada drs. Suharto, Mpd kepala SMK negeri 01 Singosari Kabupaten Malang satu unit Dutro, di Aula Wiyata Mandala, Rabu (4/1/2023).

TIMESINDONESIA, MALANGPT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memberikan bantuan kepada SMKN 1 Singosari Malang, berupa 1 unit kendaraan Dutro 125 ST. Hal tersebut merupakan salah satu Program Hino Indonesia Partnership School.

Kepala SMKN 1 Singosari Malang Drs. Suharto, MPd mengatakan, acara ini adalah CSR pembelian dari PT HMSI dengan  upacara penyerahan satu mobil truk dari PT Hino dan lima siswa SMKN 1 Singosari  sudah menjalani magang di sana. 

Kerja sama dengan PT HMSI seluruh Indonesia ada enam  SMK seluruh Indonesia, meliputi 4 di Jawa Tengah, 1 di Tangerang, dan 1 di SMKN 01 Singosari Malang, Jawa Timur.

"Satu-satunya se Jawa Timur hanya SMKN 1 Singosari yang terpilih," ujarnya, Rabu (4/1/2023).

PT-Hino-Motors-2.jpgSuharto Kepala SMK negeri 01 Singosari saat melakukan peresmian penggunaan satu unit Dutro untuk praktek dari PT HMSI.

Lembaga pendidikan yang menjalin kerjasama dengan PT Hino akan mendapatkan kurikulum penyelarasan yang diseragamkan antara sekolah dengan kebutuhan industri, magang gurunya, magang siswanya, guru tamu dari Industri ke sekolah yang dilanjutkan rekruitmen sebagai karyawan PT HMSI. 

"Bahkan anak kita yang lima menjalani OJT sudah ditanya sama pihak PT Hino untuk direkrut oleh perusahaan , kapan anak ini  lulusnya," ujarnya di Aula Widya Mandala SMKN 1 Singosari Malang. 

PT Hino memberikan satu unit Dutro, juga manual book dan modul sebagai bahan ajar juga seragam praktik. 

"Tahun depan kita sisihkan satu kelas khusus Hino untuk diproyeksikan ke bank mekanik Hino untuk disebar ke seluruh Indonesia sebagai mekanik yang kompeten," kata dia.

After Sales Director PT HMSI, Irwan Supriyono mengatakan, latar belakang kerja sama tidak sebatas bantuan saja, tetapi memberikan kurikulum dari PT Hino dengan pelatihan kepada siswa dan tenaga pendidik agar menghasilkan SDM yang mumpuni. 

Irwan menuturkan, dirinya mengamati cara pembelajaran dan praktik dari siswa SMKN 1 Singosari sangat bagus, terutama dalam hal perawatan dan perbaikan mesin Hino sangat sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

PT-Hino-Motors-3.jpgPenyambutan tamu dari PT HMSI dengan ekstrakurikuler SMK negeri 01 Singosari Tari Beskalan.

“Berdasarkan informasi yang didapat, SMKN 1 Singosari ini salah satu SMKN tertua, terbesar dan memiliki banyak prestasi di Malang maupun di Jawa Timur," ujarnya. 

Irwan menambahkan, saat ini program CSR Hino Indonesia Partnership School, masih diberikan 1 unit untuk wilayah Jatim. Ke depan, tidak menutup kemungkinan menambah lagi di daerah atau sekolah yang lain.

Selain memberikan bantuan unit Dutro, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) juga menjalin kerja sama dengan SMKN 1 Singosari terkait pemenuhan kebutuhan tenaga kerja. Karena dari 157 cabang atau dealer Hino di Indonesia, semua masih membutuhkan tenaga kerja. 

"Saat ini ada lima siswa SMKN 1 Singosari Malang yang mendapatkan OJT melalui bank mekanik PT Hino, karena dealer PT HINO dari Sabang sampai Merauke cukup besar, dan di Jawa Timur ada 11 lokasi, " ungkapnya. 

Kepala Program Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Singosari Malang Dani Setyawan Prayoga menambahkan, kerja sama diawali dengan bank mekanik Hino dengan diseleksi, dengan sistem ijon siswa yang  lulus. Dari 12 yang lulus diseleksi yang diselenggarakan oleh PT Hino bisa melakukan OJT selama enam bulan.

"Yang lolos mekanik akan menjadi senior mekanik karena mendapatkan pembekalan di Hino selama enam bulan," ujarnya. 

Dahulu CSR PT Hino diberikan kepada dinas kebersihan atau institusi pemerintahan. Namun berdasarkan penilaian PT Hino hasil effortnya belum maksimal baik dalam hal kebutuhan sumber daya manusia (SDM). Harapannya CSR bermanfaat dari dua sisi baik bagi PT Hino maupun lembaga terkait.

"Harapannya kolaborasi bersama SMKN 1 Singosari dengan PT Hino untuk mempersiapkan SDM yang andal dalam hal ini mekanik yang lebih siap menuju masa depan," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES