Adv

Tower Latihan Satuan Brimob Polda Kaltim Mampu Tingkatkan Keterampilan dan Kekuatan Personel

Rabu, 07 Juni 2023 - 21:42 | 62.56k
Penandatanganan prasasti Tower Latihan Korps Brimob Kaltim (Foto: Humas Polda for TIMES Indonesia)
Penandatanganan prasasti Tower Latihan Korps Brimob Kaltim (Foto: Humas Polda for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan Korps Brimob sebagai satuan elit Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi dan telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam menjaga keamanan dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Khususnya di Kota Samarinda dan pada umumnya wilayah Kalimantan Timur.

“Dalam melaksanaan tugas, anggota Brimob harus memiliki fisik yang kuat, strategi yang jitu sehingga dapat meningkatkan keterampilan pertolongan dan perlindungan kepada masyarakat terutama bangsa,” ujar Andi Harun, Rabu (07/06/23).

Andi Harun menilai Keberhasilan Korps Brimob dalam menanggulangi ancaman Kamtibmas di Kota Samarinda, tidak terlepas dengan adanya dukungan dari masyarakat yang menginginkan rasa aman dan nyaman tercipta di Samarinda.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Samarinda membangun tower latihan bagi Korps Satuan Brigde Mobil (Brimob) Batalyon B Pelopor di Mako Brimob Batalyon Samarinda dan telah diresmikan oleh Kapolda Kaltim Bersama Wali Kota Samarinda, Andi Harun di Mako Brimob Batalyon, Jl. Sultan Hasanuddin Samarinda Seberang, Senin, 9 Februari 2023 lalu.

Pada peresmian tower pelatihan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara, penandatanganan Prasasti oleh Wali Kota Samarinda, Kapolda Kaltim, Wakapolda Kaltim, Dansat Brimob Polda Kaltim. Hingga dimeriahkan dengan pertunjukan Tragedi Penyanderaan dan penyelamatan oleh Satuan Brimob.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun menuturkan bantuan tersebut diberikan mengingat peran Brimob yang dinilai strategis dalam pembangunan di kota Samarinda sebagai pusat kota peradaban.

"Brimob adalah Mitra yang sangat strategis dalam melaksanakan pembangunan termasuk di Kota Samarinda," kata Andi Harun.

Andi Harun mengaku Satuan Brimob Polda Kaltim mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar. Mereka dituntut mampu melaksanakan tugas pokok, fungsi dan perannya guna terwujudnya keamanan dalam negeri, khususnya di wilayah Samarinda.

"Dalam menghadapi ancaman tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks, Korps Brimob selalu melakukan perubahan dalam hal peningkatan kemampuan personel, persenjataan dan perlengkapan, dari perorangan maupun satuan," terangnya.

Korps-Brimob-Kaltim-2.jpg

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Imam Sugianto (Foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

Ia berharap bangunan yang memiliki tinggi 21 meter itu bisa bermanfaat bagi Brimob Polda Kaltim. Dirinya mengungkap tower latihan didesain menyerupai bangunan hotel dan terdiri dari 6 lantai, memiliki berbagai fasilitas latihan diantaranya untuk latihan Refling, Fast Loop, panjat dinding, hingga yang terpenting ialah bisa bermanfaat baik untuk latihan internal Brimob maupun masyarakat umum.

“Semoga Korps Brimob Batalyon B Pelopor terus menjalankan tanggung jawab dengan sepenuh hati demi mewujudkan situasi keamanan yang kondusif,” tuturnya Andi Harun.

Tower 6 lantai itu dibangun dengan dana bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Samarinda tahun 2022 sebesar Rp1,9 miliar.

Selain itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Imam Sugianto, sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada pemerintah kota terkhusus kepada Wali Kota Samarinda Andi Harun, yang telah membangun tower latihan bagi Korps Brimob Batalyon B Pelopor, dan juga diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat.

"Saya tentunya mengapresiasi dan berterima kasih setinggi tingginya kepada Wali Kota. Bukan hanya untuk Polri dan TNI, tapi dengan masyarakat juga," tuturnya.

Ia juga mengungkapkan hal itu akan menjadi momentum peningkatan pendapatan asli daerah untuk Kota Samarinda yang dipimpin oleh Andi Harun, karena dengan pendapatan asli daerah yang meningkat maka program-program pembangunan yang sudah direncanakan dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya. Insya allah masyarakat akan mendapatkan kebaikan dari manfaat pembangunan tersebut. "Kita doakan pak wali sehat dan PAD meningkat. Maka pembangunan kota Samarinda menjadi satu keniscayaan," ucapnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES