Adv

Pelaku Usaha Produktif di Kota Gorontalo Bakal Terima Bantuan

Jumat, 09 Juni 2023 - 14:50 | 43.81k
Paket bantuan yang akan diberikan ke pelaku usaha produktif, yang tersebar di empat wilayah kecamatan di Kota Gorontalo. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Paket bantuan yang akan diberikan ke pelaku usaha produktif, yang tersebar di empat wilayah kecamatan di Kota Gorontalo. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo akan memberikan bantuan kepada pelaku usaha produktif, yang tersebar di empat wilayah kecamatan di Kota Gorontalo.

Bantuan tersebut akan diberikan melalui program kegiatan yang dimiliki Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Gorontalo. 

Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat, Baznas Kota Gorontalo, Riton Ma'ruf jelaskan, program kegiatan diperuntukan pada pelaku usaha produktif ini melalui Bidang Pendistribusian dan Pendayaguanaan Zakat. 

"Iya benar, Baznas Kota Gorontalo melalui Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat telah merencanakan untuk melaksanakan program kegiatan ekonomi produktif bagi pelaku usaha produktif di Kota Gorontalo," kata Riton Ma'ruf, Jumat (9/6/2023) 

Ia menjelaskan fokus program itu melalui pendayagunaan zakat, sebab anggarannya melalui pengelolaan zakat di Baznas Kota Gorontalo. Katanya, ada sekitar 70 penerima yang akan diberikan bantuan tersebut. 

"Dalam data yang kami miliki ada sekitar 70 penerima manfaat yang akan diberikan bantuan tersebut, tersebar di empat kecamatan masing-masing Kecamatan Kota Barat, Kota Timur, Kota Tengah dan Kecamatan Kota Utara," ungkapnya.

Ia menambahkan, penerima bantuan program ekonomi produktif ini didata langsung oleh pihaknya. Di mana, petugas secara langsung turun lapangan melakukan pendataan dan melihat langsung kondisi calon penerima bantuan tersebut.

"Setelah melakukan koordinasi dengan aparat kelurahan, petugas kami turun langsung melakukan pendataan di setiap wilayah, termasuk melihat kondisi warung calon penerima bantuan apakah layak atau tidak menerima program ekonomi produktif dari Baznas Kota Gorontalo," terangnya.

Selain itu, setiap calon penerima bantuan dari program ekonomi produktif ini, akan mendapatkan satu paket bantuan bahan untuk dijual di warung mereka.

Dalam setiap paket bantuan program ekonomi produktif ini terdapat 32 jenis produk, sebagian diantaranya Beras 1 karung atau 50 kg, minyak goreng 12 liter, gula 25 kg, garam, mie instan 3 karton, telur 3 bak, air mineral, minuman ringan, susu formula, sabun cuci, kecap, penyedap masakan.

"Melalui program ekonomi produktif ini, Baznas Kota Gorontalo melalui Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat tidak hanya menyerahkan bantuan dalam bentuk barang. Akan tetapi, mereka penerima manfaat akan diberikan uang tunai sebagai tambahan modal usaha. Kemudian perkembangan usaha mereka pun akan kami evaluasi secara berkala," tutupnya. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES