Adv

Program Tancap Nikah Kota Gorontalo Mampu Turunkan Stunting

Jumat, 09 Juni 2023 - 15:18 | 58.91k
Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono saat menerima tim penilai 8 aksi konvergenssi penurunan stunting dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, Jumat (9/6/2023). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo) 
Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono saat menerima tim penilai 8 aksi konvergenssi penurunan stunting dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, Jumat (9/6/2023). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo) 

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Program Tancap Nikah yang dirintis Pemerintah Kota Gorontalo di tahun 2019 silam ternyata ampuh menurunkan angka stunting di Kota Gorontalo.

Angka stunting berkurang 7,4 persen ditahun 2022 atau tersisa 19,1 persen.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono saat menerima tim penilai 8 aksi konvergenssi penurunan stunting dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, Jumat (9/6/2023). Lokus penilaian berada di dua kelurahan, yakni Kelurahan Talumolo Kecamatan Dumbo Raya dan Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat.

“Perlu saya laporkan bahwa pada tahun 2022 keluarga beresiko stunting di keluarahan Talumolo ini berjumlah 369 keluarga, di mana jumlah stuntingnya sebanyak 11 kasus. Alhamdulilah di tahun 2023 tinggal 4 kasus," kata Ryan F. Kono.

Ryan menjelaskan, jika dipersentase secara keseluruhan stunting di Kota Gorontalo berkurang 7,4 persen dan tersisa 19,1 persen. Capaian ini bisa jadi dipengaruhi gencarnya Program Germas serta program yang sudah lama dicanangkan yaitu program Tancap Nikah. 

Ryan mengatakan meskipun target ini masih belum memenuhi harapan, namun posisi yang ada membuat Kota Gorontalo mampu bersaing ketat dengan Kota/Kabupaten lain dalam program percepatan penanganan stunting. 

Tancap Nikah merupakan program kolaborasi untuk menyiapkan generasi yang sehat dan unggul. Tancap nikah berbicara tentang penanganan kesehatan dari hulu ke hilir. Sebelum melangsungkan pernikahan calon pengantin akan skrining terlebih dahulu.

Jika terdapat masalah kesehatan, maka pasangan suami istri akan direkomendasikan untuk mengatur program kehamilan. Tancap Nikah dinilai mampu memberikan efek positif untuk penurunan angka stunting di Kota Gorontalo.

"Program Tancap Nikah memperoleh prestasi tertinggi di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) tahun 2020, dari Kemenpan RB," jelas Ryan 

Pelaksanaan penilaian 8 aksi konvergensi stunting telah dimulai beberapa hari lalu. Kota Gorontalo menjadi tempat kedua yang disambangi setelah Kabupaten Pohuwato. Tim penilai kegiatan ini terdiri dari OPD-OPD Provinsi Gorontalo yang terkait dengan indikator essensial dan supply yang ada pada konvergensi penurunan stunting. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES