Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[SALAH] Petir Menggelegar Setelah Presiden Indonesia Masuk ke Kakbah

Selasa, 16 April 2019 - 21:06 | 54.89k
Presiden Joko Widodo saat menunaikan ibadah umroh di Makkah, Senin (15/4/2019) waktu setempat.(FOTO: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat menunaikan ibadah umroh di Makkah, Senin (15/4/2019) waktu setempat.(FOTO: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

TIMESINDONESIA, JAKARTAFenomena alam petir dikabarkan menggelegar saat Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi masuk ke dalam Kakbah, Senin (15/4/2019) lalu. Kabar ini diberitakan oleh situs Aljazera.online.

Dalam pemberitaanya, Aljazera online mengutip harian lokal Sabq menyebutkan menara jam tertinggi dunia di kota suci Makkah, Arab Saudi mendadak gelap. Setelah instalasi listrik di bangunan itu tergangggu akibat sambaran petir bersamaan dengan kedatangan Jokowi beserta keluarga di Makkah. Klik di sini

Advertisement

Informasi pemberitaan ini tidak benar karena situs Aljazera.online bukanlah jejaring media  Al Jazeera Media Network. Hal ini sudah diklarifikasi oleh Kepala Biro Jakarta.
Al Jazeera Media Network, Sohaib Jassim melalui pesan WhatsApp pada media di Indonesia, Selasa (16/4/2019). Berikut pernyataan resmi dari Sohaib.


Salam,

Sehubungan dengan beredarnya sebuah tulisan berjudul "Petir Menggelegar Setelah Presiden Indonesia Masuk ke Kakbah" yang dipublikasikan oleh situs bernama aljazera.online kemarin, Al Jazeera Media Network Biro Jakarta bermaksud menyampaikan keterangan sebagai berikut:

1. Al Jazeera Media Network tidak pernah memproduksi tulisan itu dan tidak memiliki hubungan apapun dengan pengelola situs tersebut
2. Al Jazeera Media Network mengecam keras penggunaan nama situs yang seolah-olah mirip dengan nama media kami 
3. Al Jazeera Media Network mendesak agar pengelola situs aljazera.online dan situs-situs lain yang mencatut nama kami agar segera mengganti nama karena sangat merugikan Al Jazeera Media Network
4. Al Jazeera Media Network tidak memiliki situs berita online berbahasa Indonesia hingga saat ini

Sebagai informasi tambahan, Al Jazeera Media Network merupakan jaringan media internasional berbasis di Qatar yang menaungi stasiun televisi Al Jazeera English Channel, Al Jazeera Arabic Channel, Al Jazeera Documentary, Al Jazeera Mubasher (Live), aljazeera.com (Bahasa Inggris), aljazeera.net (Bahasa Arab), AJ+, dan lainnya.

Demikian pernyataan ini kami sampaikan. Terima kasih.

Sohaib Jassim
Kepala Biro Jakarta
Al Jazeera Media Network

Kesimpulannya, berita ‘Petir Menggelegar Setelah Presiden Indonesia Masuk ke Kakbah’ informasi yang diproduksi oleh media resmi atau pun Al Jazeera. Berita masuk dalam kategori berita palsu atau hoaks.(*)

________

Cek Fakta TIMES-Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected]

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES