Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Bule Meninggal Dunia di Jalan Kota Denpasar Akibat Corona

Rabu, 18 Maret 2020 - 15:14 | 202.93k
Sumber foto: Tangkapan layar Facebook
Sumber foto: Tangkapan layar Facebook

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Sebuah video dokumentasi Warga Negara Asing (WNA) atau bule yang meninggal dunia diatas motor, di Jalan Imam Bonjol Kota Denpasar, mendadak viral di media sosial Facebook. Bule tanpa identitas ini diketahui sempat tak sadarkan diri dan meninggalkan akibat virus Corona.

Dalam video berdurasi 1:50 menit ini terlihat kondisi jalan yang ramai, dan terlihat seorang bule pria tampak seperti tertidur diatas motor. Tidak ada warga yang berani mendekat, sebelum akhirnya dievakuasi oleh petugas Palang Merah Indonesia yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Proses evakuasi ini pun sempat membuat lalu lintas macet sejenak. 

Advertisement

CEK FAKTA 

Menurut hasil penelusuran tim CEK Fakta TIMES Indonesia, Informasi tentang bule yang meninggal di pinggir Jalan Imam Bonjol Kota Denpasar, Bali ini akibat virus Corona atau Covid-19, tidak benar. Sebab, pihak berwenang telah menyampaikan bahwa WNA atau bule yang meninggal Minggu (15/3/2020)  ini disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol jenis tuak.

Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitus Panjaitan, WNA tersebut telah meninggal dunia akibat mengkonsumsi minuman keras berjenis tuak. Namun terkait indentitas WNA ini masih belum ditemukan.

"Informasi yang kita terima bule tersebut meninggal dunia. Dugaan sementara ia karena kebanyakan minum-minuman keras. Sekarang masih di RS Sanglah," ujar Kapolresta Denpasar

Kapolresta Denpasar juga menjelaskan bahwa penyebab  WNA meninggal dunia bukan karena virus corona atau covid-19. Ia pun berharap masyarakat tidak mengkaitkan hal ini dengan virus corona.

"Tidak ada kaitan dengan corona. Jangan dikaitkan ya karena sebelumnya dia itu habis dari tempat minuman keras.Untuk sementara itu, ini kita masih dalami semua. Kita harap jangan dikaitkan soal corona ya. Kita kabari jika ada perkembangan lebih lanjut," jelasnya.

Sumber: Polresta Denpasar Ungkap Penyebab Kematian WNA di Jalan Imam Bonjol Kota Denpasar

Hasil penelusuran video ini juga banyak diedit dan dimanfaatkan para YouTuber dengan judul video yang berkaitan dengan virus Corona. Salah satunya, diunggah oleh akun Nanda Rendi dan Kadek Rian.

Sumber: VIRAL bule di denpasar bali tiba tiba terjatuh akibat corona? | YouTube

KESIMPULAN 

Berdasarkan rangkuman informasi dan pemeriksaan fakta di atas, video WNA yang meninggal akibat virus Corona di Denpasar Bali termasuk dalam Misinformasi.

Menurut kategori disinformasi First Draft News, informasi ini masuk dalam Manipulated Content atau konten yang dimanipulasi. Konten video yang sebenarnya konten yang sudah ada, diubah, untuk mengecoh masyarakat dan warganet, bahwa virus Corona telah menyebar di Kota Denpasar Bali.

________

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES