Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Minum Kopi Tiga Kali Sehari Mampu Cegah Covid-19

Senin, 21 September 2020 - 19:16 | 90.63k
Sebuah informasi tentang pencegahan Covid-19 dengan minum kopi beredar di platform media sosial WhatsApp. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)
Sebuah informasi tentang pencegahan Covid-19 dengan minum kopi beredar di platform media sosial WhatsApp. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah informasi tentang pencegahan Covid-19 dengan minum kopi beredar di platform media sosial WhatsApp. Dalam informasi dicantumkan bahwa kandungan kopi mampu mengurangi dampak Covid-19, dan mencantumkan dokter China dr Li Wenliang. 

Berikut informasi yang tersebar melalui media WhatsApp yang diterima TIMES Indonesia;

Advertisement

“BAHAGIALAH PENGEMAR KOPI.

Breaking News dari CNN:

Minum Kopi 3 x Sehari untuk menangkal Covid-19.

Dr. Li Wenliang, dokter pahlawan China yang dihukum karena mengatakan yang sebenarnya tentang Virus Corona dan kemudian meninggal karena penyakit yang sama, telah mendokumentasikan file kasus untuk tujuan penelitian dan dalam file kasus tersebut mengusulkan penyembuhan yang secara signifikan akan mengurangi dampak COVID-19 Virus pada tubuh manusia.

Bahan kimia Methylxanthine, Theobromine dan Theophylline merangsang senyawa yang dapat menangkal virus ini pada manusia dengan sistem kekebalan minimal rata-rata.

Yang lebih mengejutkan adalah bahwa kata-kata rumit yang sangat sulit dipahami oleh orang-orang di China ini sebenarnya disebut KOPI di India, YA, KOPI reguler kami memiliki semua bahan kimia ini di dalamnya.

Methylxanthine utama dalam COFFEE adalah kafein stimulan. Methylxanthines lain yang ditemukan dalam KOPI adalah dua senyawa kimiawi yang serupa, Theobromine dan Theophylline. Tanaman KOPI menciptakan bahan kimia ini sebagai cara untuk menangkal serangga dan hewan lainnya.

Siapa yang tahu bahwa semua solusi untuk virus ini adalah secangkir KOPI sederhana dan itulah alasan mengapa begitu banyak pasien di China disembuhkan.

Staf rumah sakit di China sudah mulai menyajikan KOPI kepada pasien 3 kali sehari, Dan efeknya akhirnya di Wuhan “Pusat Pandemi ini” telah diatasi dan penularan ke komunitas hampir berhenti.

Silakan bagikan pesan ini kepada teman dan keluarga Anda untuk menyadarkan mereka tentang berkah berupa KOPI di dapur Anda.”

hoaks kopi 2

CEK FAKTA

Menurut penelusuran TIMES Indonesia, informasi terkait pencegahan Covid-19 dengan minum kopi, bukan informasi yang benar. Sebab, tidak ada keterkaitan dampak minum kopi terhadap pencegahan virus Covid-19. Sampai saat ini belum ada bukti atau riset ilmiah bahwa minum kopi dapat menangkal Covid-19. 

Narasi yang digunakan dengan mencatut nama dokter Li Wenliang, juga merupakan hasil modifikasi informasi hoaks. Menurut informasi dari mesin pencari, dokter Li Wenliang merupakan seorang dokter spesialis mata, bukan ahli virus. 

Data dari Wikipedia, menyebutkan bahwa dr Li Wenliang adalah seorang dokter mata Tiongkok di Rumah Sakit Pusat Wuhan yang dianggap sebagai orang pertama yang mengeluarkan peringatan tentang wabah koronavirus Wuhan pada 30 Desember 2019. Pada 3 Januari 2020, polisi Wuhan memanggilnya dan menegurnya karena membuat komentar palsu di Internet. Li kembali bekerja tetapi kemudian tertular virus dari pasien yang terinfeksi. Ia meninggal karena infeksi pada 7 Februari 2020.

hoaks kopi 3Sumber: Li_Wenliang/Wikipedia

Penelusuran dari kandungan kopi merujuk pada artikel terkait riset internasional dari National Center for Biotechnology Information berjudul “Health Benefits of Methylxanthines in Cacao and Chocolate” (2018)  tentang Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline. Dalam artikel disebutkan Methylxanthine sering ditemukan dalam minuman seperti kopi, teh, minuman energi, atau coklat, sama seperti Theophylline dan Theobromine. Kandungan ini bermanfaat di berbagai bidang seperti neurodegeneratif dan mengobati penyakit pernapasan, diabetes, atau kanker. Studi ini tidak menyebutkan adanya manfaat Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline untuk menangkal keluarga virus SARS, salah satunya Covid-19.

hoaks kopi 4Sumber: Benarkah Kopi Mampu Tangkal COVID-19? | Tirto

Hasil penelurusan terkait kopi dapat mencegah Covid-19 juga mengarah pada informasi hoaks yang telah ditelusuri oleh Republic World, Liputan6 dan Mafindo, jaringan CEK Fakta TIMES Indonesia. Dalam jasil penelusurannya, juga ditemukan bahwa infomrasi ini merupakan informasi hoaks. dr. Li Wenliang diketahui bukanlah dokter ahli virus, melainkan seorang dokter mata.

hoaks-kopi-7.jpgSumber: Cek Fakta: Tidak Benar Informasi Minum Kopi Bisa Menangkal Covid-19 dari Dokter Li Wenliang | Liputan6

hoaks kopi 5Sumber: Fact Check: Did Dr Li Wenliang Claim That Coffee Could Be A Cure For Coronavirus? | republicworld

hoaks kopi 6Sumber: [SALAH] “Minum Kopi 3 x Sehari untuk menangkal Covid-19” | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelusuran tim CEK FAKTA tersebut, pesan tentang  pencegahan Covid-19 dengan minum kopi merupakan informasi hoaks. Karena tidak ada ditemukan fakta kebenaran dalam informasi tersebut.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi pencegahan Covid-19 dengan minum kopi merupakan Misleading Content atau Konten Menyesatkan. Konten penyesatan ini terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES