Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Harga Vaksin Covid-19 di Indonesia Mahal

Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:32 | 50.42k
Sebuah informasi dari akun Facebook HaI mengabarkan bahwa harga vaksin di Indonesia 1000 persen lebih mahal. (Tangkapan layar/TIMES Indonesia)
Sebuah informasi dari akun Facebook HaI mengabarkan bahwa harga vaksin di Indonesia 1000 persen lebih mahal. (Tangkapan layar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah informasi terkait harga vaksin di Indonesia telah menjadi perbincangan warganet Facebook. Sebuah informasi dari akun Facebook Hai mengabarkan bahwa harga vaksin di Indonesia 1000 persen lebih mahal. 

Informasi tersebut dibagikan di grup Facebook Manusia Merdeka pada 12 Oktober 2020 pada pukul 10.30 WIB. Berikut narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut:

Advertisement

Gila! 1000% lebih mahal di Indonesia harga vaksinya. Dikerjain lagi rakyat!

Keterangan tersebut juga dilampirkan sebuah tautan link yang mengarah ke HARIANACEH.CO.ID dengan judul 
Harga Vaksin China Sinovac Di Brasil Cuma Rp28.000, Kenapa Indonesia Rp300.000?

cek fakta vaksinSumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Setelah ditelusuri, artikel tersebut berisi penjelasan terkait Sinovac membantah telah menjual harga vaksin di kisaran Rp28.000 untuk Brazil, karena biaya pengirimannya saja mencapai Rp29.000.

Bio Farma menegaskan Sinovac membantah menjual vaksin Covid-19 dengan harga USD1.96 per dosis. dipastikan harga untuk vaksin Covid-19 di Indonesia tidak akan memberatkan pemerintah.

“Kisaran harga vaksin Covid-19 Rp200 ribu,” kata Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir di Jakarta, Selasa (13/10/2020).

cek fakta vaksin 2Sumber: Bantah di Brazil Lebih Murah, Bio Farma: Harga Vaksin Covid-19 Indonesia Rp200.000 | Economic Zone

Informasi dari Liputan6 menyebutkan bahwa Bio Farma juga menjelaskan tentang kabar yang menyatakan jika Sinovac sudah menandatangani kontrak pengadaan vaksin dengan Brazil. Negara ini dikabarkan akan menjual vaksin seharga USD 1,96 per dosis.

Honesti Basyir menyampaikan, kabar tersebut sudah dibantah oleh pihak Sinovac, melalui surat resmi yang dikirimkan ke Bio Farma.

"Informasi harga vaksin COVID-19 di Brazil, telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma, yang memastikan, bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak USD 90 juta dengan pemerintah Brazil tidak tepat, dan mengenai kataDirektur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

cek fakta vaksin 3Sumber: Bio Farma akan Jual Vaksin Covid-19 Sekitar Rp 200 Ribu | Liputan6

Data harga prakiraan vaksin dalam artikel TIMES Indonesia menyebutkan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa uji klinis vaksin corona buatan Sinovac berjalan lancar, maka produksi vaksin Covid-19 oleh Bio Farma sudah bisa dilakukan mulai Februari 2021. Ketua Komite Pelaksana Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19 ini juga menambahkan, Bio Farma sudah meningkatkan kapasitas produksi vaksin, dari 100 juta dosis menjadi 250 juta dosis per tahun.

"Desember ini Biofarma bisa produksi 250 juta per tahun, paling tidak (mencukupi kebutuhan 190 juta orang yang akan divaksin)," kata Erick.

Sementara itu, harga vaksin Covid-19dari Sinovac itu sekitar USD 15 per dosis atau sekitar Rp 220.000. Sementara untuk setiap orang diperlukan dua kali suntikan vaksin atau dua dosis, sehingga kebutuhan per orang sekitar Rp 440.000.

Sumber: Ini Daftar Perkiraan Harga Vaksin Covid-19 | TIMES Indonesia

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelusuran tim Cek Fakta, dapat disimpulkan bahwa informasi harga vaksi di Indonesia 1000 persen lebih mahal, tidak benar. Informasi yang diunggah dalam grup Facebook tersebut untuk mengecoh pembaca bahwa pesan tersebut bahwa seolah-olah harga vaksin Covid-19 di Indonesia sangat mahal.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, konten tersebut masuk ke dalam False Context atau Konteks Keliru. False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES