Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] TNI AU Membuka Rekrutmen Bintara dan Perwira dengan Syarat Hafidz Quran

Sabtu, 27 Februari 2021 - 19:01 | 94.04k
Informasi pembukaan Bintara TNI AU dan perwira TNI AU Tituler dengan salah satu syaratnya hafidz Quran tersebar melalui WhatsApps.(Tangkapan layar TIMES Indonesia/Background wallpaperbetter.com)
Informasi pembukaan Bintara TNI AU dan perwira TNI AU Tituler dengan salah satu syaratnya hafidz Quran tersebar melalui WhatsApps.(Tangkapan layar TIMES Indonesia/Background wallpaperbetter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Informasi tentang pembukaan Bintara TNI AU dan perwira TNI AU Tituler dengan salah satu syaratnya hafidz Quran tersebar melalui media sosial, WhatsApps. Dalam informasi yang beredar secara berantai itu, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar peserta dapat mendaftarkan diri sebagai Bintara TNI AU.

Pesan ini juga mengimbau generasi muda yang berminat untuk segera mendaftarkan diri sebelum 27 Februari 2021. Untuk di Jawa Tengah peserta yang berminat bisa mendaftarkan diri di Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

Advertisement

Berikut isi pesan pembukaan Bintara TNI AU yang beredar di WhatsApps:

Assalamualaikum wr wb. 
Mhn maaf, mohon ijin Lur, numpang iklan ya...

Dibutuhkan Bintara TNI AU dan Perwira TNI AU Tituler dg ketentuan sbb:

Bintara TNI AU

1. Lulusan MAN atau SMU jurusan IPA di lingkungan Ponpes.
2. Memiliki kualifikasi MTQ (Qori'/tilawah).
3. Hafidz Qur'an 5, 10, 20 atau 30. 
4. Usia maksimal 21 th.
5. Mendaftarkan diri ke Panda Penerimaan Bintara TNI AU Reguler terdekat (utk Jawa tengah di Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta), paling lambat tgl 27 Feb 2021.

Apabila ada yg berminat segera menghubungi Letkol Sus Sakdun, S. Ag., M. Pd.I., No. Telf/WA 085292564883.

Hal-hal lain yang akan ditanyakan bisa hubungi langsung. 

Trimks..
Salam Sehat Selalu.

cek fakta bintara perwira 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi terkait pembukaan bintara TNI AU dan perwira TNI AU Tituler dengan salah satu syaratnya hafidz Quran merupakan informasi hoaks. Sebab, informasi yang dicantumkan dalam akun Facebook tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukung informasi tersebut.

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia melalui mesin pencari, ditemukan bahwa informasi tersebut tidak benar. Akun Instagram resmi TNI AU, @militer.udara telah mengkonfirmasi terkait informasi tersebut. 

"Terkait dengan beredarnya informasi rekrutmen Perwira dan Bintara TNI AU tituler melalui pesan berantai WA, dengan ini TNI AU tegaskan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar," tulis akun @militer.udara yang dikelola oleh Dispenau (Dinas Penerangan Mabes TNI AU).

Apabila ingin mendapatkan informasi tentang rekrutmen prajurit TNI AU, dapat dilihat akun resmi milik TNI AU diajurit.tni-au.mil.id atau menghubungi kontak Subdisdiajurit (021) 8709390 atau melalui WhatsApp layanan pengaduan 081383668698.

cek-fakta-bintara-perwira-3.jpgSumber: Instagram/@militer.udara

Selain itu, Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga mencoba menghubungi nomor telepon/WA yang tertera dalam informasi yang beredar, tetapi tidak mendapatkan balasan atau jawaban.

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai pembukaan Bintara TNI AU dan perwira TNI AU Tituler dengan salah satu syaratnya hafidz Quran, merupakan informasi hoaks. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang pembukaan Bintara TNI AU dengan syarat hafidz Quran termasuk dalam kategori Fabricated Content (konten palsu). Konten ini dibentuk dengan kandungan yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu, dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES