Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] TMII Dijual Megawati ke Tiongkok

Jumat, 23 April 2021 - 22:22 | 127.25k
Sebuah Informasi terkait TMII Dijual Megawati ke Tiongkok beredar di Facebook.
Sebuah Informasi terkait TMII Dijual Megawati ke Tiongkok beredar di Facebook.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Informasi terkait TMII Dijual Megawati ke Tiongkok beredar di media sosial, Facebook. Informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook Bimo Erland II pada 14 April 2021. Akun tersebut mengunggah sebuah gambar tangkapan layar artikel. 

Tangkapan layar artikel tersebut yang berjudul “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu”. Di bawah judul artikel itu, terdapat teks tambahan dengan warna merah, ungu, dan biru yang berbunyi “TMII. Kini dijual ke Tiongkok bisa beralih jadi lahan properti dan penghuni nya adalah Cina”.

Advertisement

Akun tersebut menambahkan narasi pada postingannya sebagai berikut: 

“Sudah Pak Harto di fitnah memiliki TMII,Padahal kini di ambil megawati Madam Bansos, trus di jual ke china Astaqfirullah”. 

cek-fakta-TMII-Dijual-2.jpgSumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA 

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi terkait TMII Dijual Megawati ke Tiongkok tidak benar. Sebab, tidak ada informasi resmi yang menyebutkan bahwa TMII dijual ke Tiongkok.  

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia melalui mesin pencari, ditemukan bahwa informasi tersebut salah. Penelusuran tim Cek Fakta menemukan bahwa gambar artikel berjudul “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu” merupakan konten yang dimanipulasi.

Gambar tersebut merupakan gambar editan atau telah dimanipulasi. Oknum manipulator mencoret kata “Hoaks” dari gambar tangkapan layar artikel yang dimuat oleh Kompas TV pada 14 April 2021 pukul 08.13 WIB. Sedangkan, judul artikel aslinya berbunyi “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu Hoaks”.

Foto yang tercantum dalam artikel itu, menunjukkan miniatur wilayah Indonesia yang terdapat di TMII. Kalimat di awal artikel tersebut juga sama dengan yang terlihat dalam gambar tangkapan layar, berbunyi “JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara menyatakan mengambil alih pengelolaan Taman Mini”.

cek fakta TMII Dijual 3Sumber: Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu Hoaks | Kompas TV

Sebelumnya, memang beredar hoaks bahwa Taman Mini diambil alih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan dijual ke Cina. Menurut artikel Kompas TV tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memastikan bahwa narasi itu hoaks. “Klaim bahwa TMII diambil Megawati dan dijual ke Tiongkok, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal tersebut,” kata Kominfo dalam artikelnya.

Artikel itu dimuat oleh Kominfo pada 11 April 2021. Menurut Kominfo, terdapat sebuah unggahan di media sosial yang menyebut: “Sudah pak Harto difitnah memiliki TMII, padahal sekarang diambil si Megawati madam bansos, trus dijual ke Cina astagfirullah”. Narasi ini mengomentari gambar tangkapan layar artikel yang berjudul “Ambil Alih Pengelolaan TMII, Pemerintah Bakal Serahkan ke Pihak Lain.”

Menurut Kominfo RI, klaim bahwa TMII diambil Megawati dan dijual ke Tiongkok itu tidak berdasar. “Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal tersebut. Judul artikel pada berita tersebut benar adanya, namun narasi pada unggahan sengaja dipelintir dan dapat menggiring opini pembaca sesuai dengan kehendak pembuat informasi,” demikian penjelasan Kominfo.

cek fakta TMII Dijual 4Sumber: [DISINFORMASI] TMII Diambil Megawati dan Dijual ke Tiongkok | Kominfo

Sementara itu, dilansir dari artikel berjudul [SALAH] “TMII sekarang diambil si Megawati madam bansos,trus dijual ke Cina”, klaim bahwa TMII diambil Megawati adalah klaim yang menyesatkan. Selain tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu, pada 2021, pengelolaan TMII diambil alih oleh Kemsetneg dan TMII rencananya akan dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

cek fakta TMII Dijual 5Sumber: [SALAH] “TMII sekarang diambil si Megawati madam bansos,trus dijual ke Cina” | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai TMII Dijual Megawati ke Tiongkok, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang TMII Dijual Megawati ke Tiongkok dalam kategori Manipulated content (konten manipulasi).

Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES