Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Jelang Lebaran, Shopee Bagikan Cashback Rp2 Juta

Selasa, 04 Mei 2021 - 17:11 | 134.38k
Informasi terkait pemberian cashback kepada pengguna Shopee senilai Rp2 juta.
Informasi terkait pemberian cashback kepada pengguna Shopee senilai Rp2 juta.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi pesan berantai melalui WhatsApp yang mengatasnamakan Shopee terkait pemberian cashback kepada pengguna Shopee senilai Rp2 juta. Para pengguna Shopee dapat melakukan klaim cashback pada sebuah link yang dikirimkan oleh pihak yang mengaku sebagai pegawai resmi Shopee.

Berikut narasi yang beredar di media sosial WhatsApp:

Advertisement

Kaka mendapatkan cashback dari Shopee senilai Rp2.000.000 kaka Mau di uangkan atau mau di ShopeePay aja kak? Silahkan kak ambil claimcashback nya https://wp.me/pd0psf-z

cek fakta Cashback Shopee 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, informasi Shopee memberikan cashback Rp2 juta, tidak benar. Tidak ada informasi atau keterangan resmi yang menyebutkan bahwa Shoppe memberikan cashback Rp2 juta.

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia. penipuan yang mengatasnamakan Shopee dalam hal pemberian cashback senilai Rp2 juta dengan syarat korban tersebut harus mengaktifkan fitur Shopee Pinjaman atau SPinjaman serta diharuskan pula untuk mengirimkan nomor kartu ATM agar dapat mencairkan cashback senilai Rp2 juta tersebut. 

Tidak hanya itu, melansir dari m.chyberthreat.id salah satu korban lain atas penipuan yang mengatasnamakan Shopee menyatakan bahwa korban diharuskan untuk mengirimkan nomor OTP kepada pelaku penipuan sebagai syarat untuk dapat mencairkan cashback yang diberikan kepada korban sebelumnya.

cek-fakta-Cashback-Shopee-3.jpgSumber: Penipuan Berkedok Pegawai Shopee, Pelanggan Ini Kaget Fitur SPayLater-nya Terpakai Rp 20 Juta | cyberthreat

Selain itu, dilansir dari channel youtube resmi SHOPEE Indonesia, melalui salah satu video yang diunggah Shopee dalam channel youtube nya tersebut, pihak Shopee mengimbau kepada para pengguna untuk berhati-hati terhadap penipuan yang dilakukan melalui telepon, pesan singkat (sms), Direct Message (DM) Instagram, sebuah link website, ataupun pesan WhatsApp dengan mengatasnamakan Shopee.

Melalui video tersebut, pihak Shopee mengingatkan kepada para pengguna bahwa berbagai informasi resmi terkait Shopee hanya diinformasikan melalui website resmi serta media sosial resmi Shopee yang telah terferivikasi. Shopee juga mengimbau kembali kepada para pengguna untuk tidak memberitahukan kode OTP, Password, ataupun PIN Shopee kepada siapapun.

KESIMPULAN

Berdasar hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai bantuan Shoppe memberikan cashback Rp2 juta merupakan informasi hoaks. Informasi yang beredar tersebut tidak berasal dari sumber resmi.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori  Fabricated Content (konten palsu). Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES