Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Bawang Merah dan Air Perasan Lemon Obati Covid-19

Senin, 24 Mei 2021 - 18:55 | 107.22k
Informasi tentang manfaat makan bawang merah dan perasan air lemon yang diteteskan ke hidung dapat mengobati Covid-19
Informasi tentang manfaat makan bawang merah dan perasan air lemon yang diteteskan ke hidung dapat mengobati Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Informasi tentang manfaat makan bawang merah dan perasan air lemon yang diteteskan ke hidung dapat mengobati Covid-19, beredar di media sosial Facebook.

Narasi ini diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama akun Pam Vredenburg. Ia menyatakan bahwa memakan bawang merah dan meneteskan air perasan lemon ke hidung dapat mengobati Covid-19.

Advertisement

Berikut narasi lengkapnya yang ditulis dalam bahasa Inggris:

Eat red onions 3 times a day, use ocean for nostrils or sea salt. Sleep 2 hours on stomach. Use natural lemon drops in nostrils for Covid19.

cek fakta Bawang Merah 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, informasi terkait manfaat makan bawang merah dan air perasan lemon yang diteteskan ke hidung dapat mengobati Covid-19, merupakan informasi hoaks. 

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tersebut bertentangan dengan informasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). WHO melalui situs resminya telah menegaskan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa meneteskan air perasan lemon dapat mencegah maupun mengobati Covid-19. 

cek fakta Bawang Merah 3Sumber: WHO

Informasi lain juga ditemukan dari keterangan dokter spesialis onkologi Rumah Sakit Wockhardt – Mira Road, Mumbai, dr. Chandra Veer Singh. Ia menyatakan bahwa meneteskan air perasan lemon ke hidung dapat menyebabkan sinusitis, yaitu penyakit iritasi dan peradangan saluran pernapasan.

Dalam keterangan yang terdapat pada TimesNow,  klaim bahwa memakan bawang merah dapat mengobati Covid-19 juga pernah beredar sebelumnya di India.

cek fakta Bawang Merah 4Sumber: Fact Check: No scientific evidence to prove lemon drops taken into your nose can kill Coronavirus | TIMESNOWNEWS

Pemerintah India melalui akun Twitter resminya telah menegaskan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa memakan bawang merah dapat mengobati Covid-19.

cek fakta Bawang Merah 5Sumber: Tangkapan layar Twitter

Narasi lemon mampu mencegah maupun mengobati Covid-19 sudah beberapa kali beredar sebelumnya. Artikel dengan topik serupa juga telah dimuat dalam jaringan Cek Fakta TIMES Indonesia, di situs turnbackhoax.id.

cek fakta Bawang Merah 6Sumber: [SALAH] Obat Virus Corona Ditemukan Hanya Berbahan Lemon dan Teh Hangat | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai manfaat makan bawang merah dan meneteskan air perasan lemon ke hidung dapat mengobati Covid-19, merupakan informasi yang salah. Karena informasi ini tidak mencantumkan sumber resmi, dan belum ada data resmi ataupun riset terkait informasi ini.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang Vaksin Covid-19 CanSino masuk dalam kategori Misleading content atau konten menyesatkan. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES