Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Artis Uya Kuya Menghipnotis Wapres RI Maruf Amin

Rabu, 02 Juni 2021 - 08:15 | 89.40k
Sebuah foto artis Uya Kuya sedang menghipnotis Wapres RI, KH Maruf Amin beredar di Facebook.
Sebuah foto artis Uya Kuya sedang menghipnotis Wapres RI, KH Maruf Amin beredar di Facebook.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar foto artis Uya Kuya sedang beraksi menghipnotis Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin. Foto tersebut beredar di media sosial Facebook. 

Di dalam foto yang diunggah akun Osaki di Grup FB Makar community tersebut, tertulis: saya mau bapak jujur, selama ini kerjanya ngapain aja?

Advertisement

Selain foto, akun Osaki juga menuliskan narasi sebagai berikut:

Pak Ma'ruf amin beliau bekerja dari balik layar layaknya Uchiha Itachi dalam Serial Naruto, Beliau adalah Wakil Presiden sekaligus Ulama yang di cintai dan di hormati rakyat sayangnya tidak terlihat di publik saja...... 
Bismillah Kursi DPR

cek fakta uya kuya hipnotis wapres maruf amin 2Sumber: Tangkapan Layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, foto artis Uya Kuya sedang menghipnotis Wapres RI KH Maruf Amin, merupakan informasi yang salah.

Melansir dari turnbackhoax.id, foto tersebut merupakan hasil penyuntingan atau editan. Foto tersebut menggabungkan dua foto. Pertama, foto saat Uya Kuya menghipnotis komedian Sule di sebuah acara televisi pada Oktober 2019. Kejadian Uya Kuya menghipnotis Sule bisa dilihat dari video yang diunggah oleh kanal Youtube Ini Talk Show pada 24 Oktober 2019.

cek fakta uya kuya hipnotis wapres maruf amin 3Sumber: Dihipnotis Uya Kuya, Ternyata Sule Cari Sensasi Biar Trending | YouTube

Foto kedua, Wapres RI KH Maruf Amin saat mengikuti rapat paripurna bersama para menteri pada 18 Juni 2020. Foto KH Maruf Amin tengah duduk sambil mengenakan masker hitam. Salah satu yang menampilkan hal tersebut adalah video yang diunggah oleh kanal Youtube Kompas TV pada 29 Juni 2020.

cek fakta uya kuya hipnotis wapres maruf amin 4Sumber: Jokowi Marah! Menteri Kesehatan Kena Sentil Soal Anggaran Belanja | YouTube

Masih dilansir dari turnbackhoax.id - jaringan Cek Fakta TIMES Indonesia, foto editan tersebut merupakan hoaks lama yang beredar kembali.

Sebelumnya pada tahun 2020, foto itu pernah diperiksa fakta, salah satunya dimuat dalam artikel “[SALAH] Foto Uya Kuya Menghipnotis Wapres Maruf Amin” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 2 Juli 2020.

cek fakta uya kuya hipnotis wapres maruf amin 5Sumber: [SALAH] Foto Uya Kuya Menghipnotis Wapres Maruf Amin | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Berdasar hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi foto artis Uya Kuya sedang menghipnotis Wapres RI KH Maruf Amin, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi foto artis Uya Kuya sedang menghipnotis Wapres RI KH Maruf Amin, termasuk dalam kategori Manipulated content atau Konten yang Dimanipulasi. Manipulated Content biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES