Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Amazon Bagikan Hadiah Ponsel Huawei Mate 40 Pro 5G

Selasa, 08 Juni 2021 - 08:14 | 88.70k
link berhadiah dari Amazon tersebar secara berantai di sejumlah WhatsApps Grup (WAG).
link berhadiah dari Amazon tersebar secara berantai di sejumlah WhatsApps Grup (WAG).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah informasi berisi tautan atau link berhadiah dari Amazon beredar di media sosial. Informasi tersebar secara berantai di sejumlah WhatsApps Grup (WAG). Dalam tautan itu disebutkan bahwa hadiah berupa smartphone Huawei Mate 40 Pro 5G yang berasal dari E-Commerce Amazon dalam rangka memperingati ulang tahun perusahaan tersebut yang ke-30 tahun.

Namun, setelah dibuka lebih lanjut, calon pemenang akan diminta untuk mengisi survei pada laman Amazon itu. Website pada link tersebut juga menyematkan narasi sebagai berikut:

Advertisement

“Today, you have been chosen to participate in our survey. It will only take you a minute and you will receive a fantastic prize: a Huawei Mate 40 Pro 5G Full Netcom 8GB + 256GB (bright black)!
We randomly choose 100 users to give them a chance to win amazing prizes. Today’s prize is a Huawei Mate 40 Pro 5G Full Netcom 8GB + 256GB (bright black)! There will be 100 lucky winners.
This survey aims to improve the quality of service for our users and your participation will be rewarded 100%.
You only have 4 minutes and 13 seconds, to answer this survey !
Hurry up, the number of prizes available is limited!”

cek-fakta-amazon-2.jpgSumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi terkait tautan berhadiah dari Amazon tidak benar. Sebab, tidak ada informasi resmi yang menyebutkan bahwa Amazon berbagi hadiah smartphone Huawei Mate 40 Pro 5G.  

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia melalui mesin pencari, ditemukan bahwa informasi tersebut merupakan informasi yang salah. Informasi dilansir dari britannica.com platform penjualan buku online Amazon mulai didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos di Seattle, yang artinya di tahun ini, yaitu tahun 2021, perusahaan tersebut baru menginjak umur 27 tahun, bukanlah 30 tahun seperti yang dipaparkan dalam pesan berantai yang beredar.

cek fakta amazon 3Sumber: Amazon.com | History & Facts

Selain itu, alamat website yang tersebarpun bukanlah alamat website resmi Amazon. Melansir dari indianexpress.com, berbagai informasi resmi terkait pemberian hadiah yang berasal dari perusahaan Amazon pasti akan diinformasikan melalui website resmi Amazon yang beralamat di www.amazon.com, bukanlah melalui WhatsApp sebagaimana pesan berantai yang telah beredar belakangan ini.

cek fakta amazon 6Sumber: No. Amazon is not offering free gifts to all; that WhatsApp message is fake | Indianexpress.com

Maka dari itu, melansir dari livemint.com para ahli menyatakan bahwa hal tersebut merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh para oknum cybercriminals untuk mendapatkan data personal orang lain yang nantinya data tersebut digunakan untuk melakukan kejahatan penipuan. Hal itu sangat mungkin terjadi karena dalam link yang tersebar, pengguna diwajibkan untuk mengisi sebuah survey atas 4 pertanyaan mengenai jenis kelamin, umur pengguna saat ini, penilaian kualitas pelayanan Amazon, serta smartphone yang digunakan oleh pengguna saat ini.

cek fakta amazon 7Sumber: Beware of fake WhatsApp message about offers on Amazon's 30th anniversary | Livemint.com

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai tautan berhadiah dari Amazon, merupakan informasi yang salah. Karena informasi ini tidak mencantumkan sumber resmi.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang tautan berhadiah dari Amazon dalam kategori Fabricated Content (konten palsu).

Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES