Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Dites Pakai Rapid Test Antigen, Air Keran Bisa Positif Covid-19

Sabtu, 17 Juli 2021 - 19:18 | 86.80k
video yang memperlihatkan bahwa air keran dapat positif covid-19 setelah dites menggunakan Rapid Test Antigen.
video yang memperlihatkan bahwa air keran dapat positif covid-19 setelah dites menggunakan Rapid Test Antigen.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi dalam bentuk video yang memperlihatkan bahwa air keran dapat positif covid-19 setelah dites menggunakan Rapid Test Antigen. Video berdurasi 2 menit 43 detik itu diunggah akun Facebook YOUR Sensational PAGE pada 21 Juni 2021.

Dalam video tersebut terlihat sampel air keran secara langsung dialiri ke Device Rapid Test Antigen, kemudian menunjukkan dua garis dari alat tersebut yang berarti hasilnya positif Covid-19.

Advertisement

Dalam video tersebut terdapat teks bertuliskan sebagai berikut: 

Swab Uji Tes Antigen Dengan Air Keran Dan Apa Yang Terjadi Air Keran Positif Covid-19 Bagikan Video Ini Sehingga Seluruh Dunia Tahu Dan Meyadari Bahwa Tes Ini Benar-Benar Penipuan!

Dalam unggahannya, akun YOUR Sensational PAGE juga menyematkan narasi sebagai berikut:
 
Ujian Covid 19 yang di palsukan. Air paip biasa pun boleh positif Covid19.
Kenapa Mau tipu? Hanya semata2 Perniagaan Ubat?
#MenujuAkhirZaman

Per Sabtu (17/7/2021) pukul 11.30 WIB, unggahan tersebut mendapat 25 komentar, 178 kali dibagikan, mendapat respons emoji 122 kali.

cek fakta Rapid Test Antigen 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi air kran dapat positif covid-19 setelah dites menggunakan Device Rapid Test Antigen, salah. 

Dilansir dari AFP, klaim yang menunjukkan air keran positif tersebut salah karena penggunaan alat Device Rapid Test Antigen tersebut tidak digunakan dengan benar. Menurut juru bicara Abbott alat tersebut hanya bisa digunakan dengan sampel yang diambil dengan usap yang dimasukkan melalui hidung tidak untuk sampel air atau cairan lainnya.

cek fakta Rapid Test Antigen 3Sumber: The Covid-19 test kits are not for use with water, manufacturer says | Fact Check AFP

Sementara, dikutip dari kompas.com, epidemiolog Universitas Griffith, Dicky Budiman menjelaskan bahwa SARS-CoV-2 tidak ditularkan melalui air tapi melalui udara sehingga air biasa tidak akan terdeteksi. “Ketika yang dites adalah air keran, PH-nya akan terganggu dan merusak antibodi yang ada di film-nya itu. Akhirnya hasilnya menjadi invalid, bisa jadi positif,” katanya. 

Ia menegaskan ketika yang diuji bukan merupakan sampel yang semestinya, seperti air maka bisa menyebabkan alat tes tersebut rusak sehingga hasil yang dikeluarkan tidak valid.

cek fakta Rapid Test Antigen 4Sumber: [HOAKS] Air Keran Dites Positif dengan Rapid Test Antigen | Kompas

Pemeriksaan atas informasi serupa juga telah dilakukan Mafindo dalam turnbackhoax.id. 

cek fakta Rapid Test Antigen 5Sumber: [SALAH] Air Keran Dapat Positif Covid-19 Setelah Ditest Menggunakan Device Rapid Test Antigen | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim air kran dapat positif covid-19 setelah dites menggunakan Rapid Test Antigen, salah. Alat uji Antigen Covid-19 bukan digunakan untuk air atau cairan lainnya yang bukan dari saluran pernapasan.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading Content terjadi akibat sebuah konten dibentuk secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES