Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Lazada Bagikan Rp150.000

Jumat, 23 Juli 2021 - 17:28 | 219.93k
Pesan dan tautan berhadiah uang tunai sebesar Rp150.000 dari Lazada.
Pesan dan tautan berhadiah uang tunai sebesar Rp150.000 dari Lazada.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar pesan berantai melalui WhatsApp, yang menyebutkan Lazada yang membagikan hadiah uang tunai sebesar Rp150.000.

Dalam pesan itu juga disertakan tautan dan ajakan untuk mengikuti program tersebut.

Advertisement

Berikut narasi yang beredar melalui WhatsApp Grup:

Saya bisa dapat Rp150.000 dari Lazada. Klik dan bantu Saya menangkan hadiahnya! Download aplikasi Lazada, kamu juga bisa menangin hadiahnya! | https://s.lazada.co.id/s.Vp0yI

cek fakta lazada 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia terkait hadiah Rp150.000 dari Lazada merupakan informasi penipuan. Tidak ad keterangan resmi yang menyebutkan bahwa informasi tersebut.

Penelusuran Tim CEK FAKTA TIMES Indonesia menemukan bahwa Lazada Indonesia telah mengkonfirmasi bahwa  informasi tersebut tidak benar.

Menurut perusahaan e-commerce ini, Lazada Indonesia mengumumkan konten atau kuis apa pun melalui akun resmi perusahaan dan media terpercaya.

Akun-akun resmi milik Lazada antara lain akun Facebook Lazada Indonesia, akun Twitter @lazaadaid, dan akun Instagram @lazada_id. Akun resmi Lazada Indonesia juga ada di YouTube Lazada Indonesia dan Line Lazada Indonesia.

Sementara, informasi Lazada bagi-bagi hadiah melalui SMS sudah sering terjadi. Pada tahun 2019, CMO Lazada Indonesia, Monika Rudijono, dalam keterangan resminya, menyatakan Lazada Indonesia mengumumkan konten atau kuis apa pun melalui akun resmi perusahaan dan media terpercaya.

Oleh sebab itu, perusahaan mengimbau masyarakat untuk tidak terkecoh dengan segala penipuan yang mengatasnamakan Lazada. Akun-akun resmi milik layanan e-commerce itu adalah Lazada Indonesia di Facebook (https://web.facebook.com/LazadaIndonesia), Twitter @lazaadaid, Instagram @lazada_id, YouTube Lazada Indonesia, Line[Lazada]( 3236775 “”) Indonesia.

Di luar akun tersebut, pengumuman kontes dan pemenang juga diumumkan di media online, cetak, radio, dan TV yang terakreditasi dan terdaftar di Dewan Pers Indonesia.

cek fakta lazada 3Sumber: [HOAKS] Giveaway Ponsel dan Uang Tunai Catut Lazada | Kompas

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai tautan berhadiah dari Lazada, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang tautan berhadiah dari Lazada dalam kategori Fabricated Content (konten palsu).

Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES