Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Beredar Jadwal Kemunculan Varian Covid-19, Benarkah?

Selasa, 03 Agustus 2021 - 09:35 | 205.86k
Sebuah gambar tentang jadwal waktu peluncuran varian Covid-19.
Sebuah gambar tentang jadwal waktu peluncuran varian Covid-19.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah gambar yang diklaim jadwal kemunculan varian covid-19 beredar di media sosial Twitter. Salah satunya diunggah akun @ulises37 pada 9 Juli 2021.

Gambar atau foto tersebut berisi daftar tabel nama-nama varian covid-19 dan waktu peluncurannya. Dalam gambar tersebut terdapat sejumlah logo lembaga, yaitu Johns Hopkins University, World Economic Forum, dan World Health Organozation.

Advertisement

Dalam unggahannya, akun @ulises menyertakan narasi berbahasa Spanyol berikut: 

Atentos al cronograma de cepas...

Terjemahan: memperhatikan jadwal regangan...

Unggahan tersebut hingga Senin (2/8/2021) pukul 16:45 WIB mendapat 175 kali retweet, 281 tanda suka, dan 12 komentar.

cek fakta Jadwal Varian Covid 2Sumber: Tangkapan layar Twitter

Selain akun @ulises37, terdapat unggahan gambar yang sama, diunggah oleh akun Twitter @Thorsome4 pada 24 Juli 2021. Akun tersebut menyebut bahwa kemunculan varian covid-19 telah direncanakan.

cek fakta Jadwal Varian Covid 3Sumber: Tangkapan layar Twitter

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tentang jadwal rilis varian covid-19 tidak benar. Penelusuran kami melalui mesin pencari, ditemukan hasil pemeriksaan atas klaim tersebut.

Mengutip hasil penelusuran turnbackhoax.id, gambar tersebut bukan merupakan jadwal rilis varian Covid-19. Nama-nama varian yang terdapat pada tabel tersebut merupakan hasil penelitian para ahli untuk memperkirakan metode persebaran mutasi virus Corona. 

Melansir situs resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), setiap virus dapat diibaratkan seperti sebuah pohon dengan banyak cabang yang berbeda-beda. Dengan meneliti cabang-cabang atau varian tersebut, para ahli dapat mengetahui perbedaan cara persebaran maupun langkah-langkah yang harus diambil untuk menangani varian tersebut.

cek fakta Jadwal Varian Covid 4Sumber: About Variants of the Virus that Causes COVID-19 | CDC

Lebih lanjut, dalam gambar tabel yang disebarkan tersebut tertera tanggal perilisan varian Delta adalah Juni 2021. Mengutip situs resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), varian Delta ditemukan pertama kali di India pada Oktober 2020. Selain itu, varian Eta yang pada gambar itu akan diluncurkan pada September 2021, dan varian Iota yang ditulis akan diluncurkan pada November 2021, telah terdeteksi oleh WHO sejak Maret 2021.

cek fakta Jadwal Varian Covid 5Sumber: Tracking SARS-CoV-2 variants | WHO

Sementara Mafindo dalam turnbackhoax.id, memeriksa klaim serupa yang diunggah akun @Thorsome4. Dan menyimpulkan klaim tersebut tidak benar.

cek fakta Jadwal Varian Covid 6Sumber: [SALAH] Foto Jadwal Perilisan Varian Covid-19 | Turnbackhoax

Pemeriksaan fakta atas klaim serupa juga dilakukan India Today yang dimuat dalam artikel berjudul "Fact Check: Sham list of Covid-19 variants' 'release dates' viral on internet"

cek fakta Jadwal Varian Covid 7Sumber: Fact Check: Sham list of Covid-19 variants' 'release dates' viral on internet | India Today

Selain itu, Tim Cek Fakta Tempo juga pernah menelusuri klaim serupa, seperti disampaikan dalam artikelnya berjudul: Keliru, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sengaja Menyebarkan Varian Baru Virus Corona. Tim Cek Fakta Tempo menyimpulkan, berdasarkan bukti yang ada, narasi yang mengklaim varian baru virus Corona sengaja disebarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), World Economic Forum dan John Hopkin University, adalah keliru.

cek fakta Jadwal Varian Covid 8Sumber: Keliru, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sengaja Menyebarkan Varian Baru Virus Corona | Tempo

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim mengenai jadwal kemunculan varian covid-19, Hoaks. Gambar tersebut bukan jadwal rilis varian covid-19 melainkan hasil penelitian para ahli untuk memperkirakan metode persebaran mutasi virus Corona. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut termasuk dalam kategori Konten Palsu (Fabricated Content). Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES