Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Foto Pesawat Kepresidenan RI Melintas di Atas Bangunan Proyek Hambalang

Jumat, 13 Agustus 2021 - 18:45 | 93.91k
Foto pesawat kepresidenan RI berada di atas bangunan proyek Hambalang.
Foto pesawat kepresidenan RI berada di atas bangunan proyek Hambalang.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar foto yang menunjukkan pesawat kepresidenan RI berada di atas bangunan proyek Hambalang. Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Mega Tjoeng pada 4 Agustus 2021.

Selain foto pesawat kepresidenan yang terbang di atas bangunan proyek Hambalang, akun Mega Tjoeng juga menyertakan narasi sebagai berikut:

Advertisement

SEMANGAT Pagi NKRI!!
Picture Paint a Thousand Words..
Hihihi... 

Pantauan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, hingga Jumat (13/8/2021) pukul 14:00 WIB, unggahan tersebut mendapat 10 komentara dan telah dibagikan sebanyak 7 kali dan direspons dengan emoji 23 kali.

cek fakta psawat proyek hambalang 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta, foto pesawat kepresidenan RI melintas di atas bangunan proyek Hambalang yang diunggah akun Mega Tjoeng, bukan foto asli atau editan. Dengan menggunakan reverse image, kami menemukan foto bangunan proyek Hambalang yang dimuat oleh merdeka.com dengan judul artikel Potret Suram Mega Proyek Hambalang bak 'Rumah Hantu' pada 18 Maret 2016.

Foto tersebut sama dengan yang diunggah oleh akun Mega Tjoeng, hanya tidak ada penampakan pesawat kepresidenan. 

"Kondisi mega proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang akibat mangkrak, Jumat (18/3). Kondisi mega proyek senilai 2,5 triliun tersebut sangat memprihatinkan setelah pembangunan dihentikan pada 2011 akibat korupsi berjemaah," demikian keterangan fotonya.

cek fakta psawat proyek hambalang 3Sumber: Potret suram mega proyek Hambalang bak 'rumah hantu' | Merdeka

Selanjutnya kami menelusuri foto pesawat kepresidenan dengan menggunakan mesin pencari Google. Kami menggunakan kata kunci pencarian: pesawat kepresidenan ri merah putih. Ada sejumlah gambar yang muncul di hasil pencarian. 

Salah satu gambar yang muncul dan mirip dengan yang diunggah akun Mega Tjoeng adalah foto yang dimuat oleh kompas.com dalam artikel berjudul: Spesifikasi Pesawat Kepresidenan yang Ganti Cat Merah Putih, Apa Kecanggihannya? Artikel tersebut dipublikasikan pada 6 Agustus 2021.

Tertulis dalam keterangan foto: Pesawat Boeing 737-8U3 yang menjadi pesawat Kepresidenan RI dengan cat merah putih (Abdiel IR).

cek fakta psawat proyek hambalang 4Sumber: Spesifikasi Pesawat Kepresidenan yang Ganti Cat Merah Putih, Apa Kecanggihannya? | Kompas

Foto yang sama, yakni karya Abdiel Ivan Rivandi, juga dimuat di tribunnews.com pada 4 Agustus 2021 dalam artikel berjudul "Pesawat Kepresidenan Dicat Ulang, Begini Penjelasan Istana: Bukan Foya-foya, Sudah Dianggarkan".

cek fakta psawat proyek hambalang 5Sumber: Pesawat Kepresidenan Dicat Ulang, Begini Penjelasan Istana: Bukan Foya-foya, Sudah Dianggarkan | Serambinews

Penelusuran atas foto tersebut juga dilakukan turnbackhoax.id ([SALAH] Foto Pesawat Kepresidenan Melintas di Proyek Hambalang | Turnbackhoax) dan medcom.id ([Cek Fakta] Pesawat Kepresidenan yang Dikritik Elite Demokrat Melintas di Atas Proyek Hambalang? Begini Faktanya | Medcom). 

Sebagai tambahan informasi, proyek Hambalang atau Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) dibangun pada 2010, berdiri di atas tanah seluas 32 hektare. 

Mengutip CNBC Indonesia, Kala itu PT Adhi Karya menjadi salah satu perusahaan pemegang tender proyek.
Saat pertama kali dicanangkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), proyek yang menyedot anggaran hingga Rp 2,5 triliun itu digadang-gadang bakal menjadi pusat pelatihan olahraga yang bertaraf internasional.

Namun, tak sampai satu tahun pembangunan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus adanya praktik korupsi yang dilakukan sejumlah pihak dalam proses pembangunannya.

cek fakta psawat proyek hambalang 6Sumber: Hambalang, Megaproyek Rp 2,5 T SBY yang Dibangkitkan Jokowi | CNBC Indonesia

Ada sejumlah fasilitas dalam proyek Hambalang tersebut, mengutip detik.com, mulai dari masjid, asrama, dan lapangan sepakbola. Namun kondisinya kini mangkrak. Fasilitas sarana dan prasarana lainnya yang juga mangkrak yakni sport sains, lapangan menembak, ekstrem sport, panggung terbuka, hingga volley pasir. 

cek fakta psawat proyek hambalang 7Sumber: Mega Proyek Rp 2,5 T di Hambalang, dari Mangkrak hingga Mau Digarap Jokowi | Detik

KESIMPULAN

Menurut Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, foto pesawat kepresidenan RI melintas di atas bangunan proyek Hambalang, hoaks. Foto tersebut merupakan hasil editan, bukan foto tunggal.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut termasuk dalam kategori Manipulated content (konten manipulasi). 

Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES