Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Tautan Hadiah Rp150 Juta dari Pertamina

Selasa, 17 Agustus 2021 - 17:21 | 75.41k
Sebuah pesan dan tautan hadiah Rp150 Juta dari Pertamina beredar melalui SMS.
Sebuah pesan dan tautan hadiah Rp150 Juta dari Pertamina beredar melalui SMS.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar SMS terkait pemberian hadiah Rp150 juta dari Pertamina. Dalam pesan tersebut disematkan link dan juga PIN pemenang.

Berikut pesan yang tersebar melalui SMS:

Advertisement

Ass...
Selamat Anda M-dpatkn
Had1ah Cek 15Ojt dari Pertamina
Silahkan verifikasi N0 ID(476kl27)
Slahkan kl!k:
www.berkahper-tamina67.cf

cek fakta hadiah pertamina 2Sumber: Tangkapan layar SMS

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi terkait  pemberian hadiah Rp150 juta dari Pertamina merupakan informasi hoaks. Sebab, informasi yang tersebar tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukung informasi ini.

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, melalui mesin pencari ditemukan bahwa informasi ini tidak benar. Tautan link yang disematkan dalam pesan tersebut mengarah pada link blogspot bukan laman resmi pertamina yaitu https://mypertamina.id/. 

Selain itu melalui laman resminya, Pertamina menjelaskan bahwa Pertamina tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melaui e-mail/sms. Pertamina juga mengimbau untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan termasuk hadiah dan pemberian melalui SMS/e-mail.

“Pemberian hadiah dan uang sering diterima melalui pesan singkat dan/atau e-mail yang mengaku dari PERTAMINA, Indonesia, yang menyatakan bahwa penerima pesan tersebut telah memenangkan promo undian berhadiah dan program sejenis yang dikeluarkan PT PERTAMINA (PERSERO), dan meminta kepada yang bersangkutan untuk mengirimkan uang agar mendapatkan hadiah tersebut. Mohon diketahui bahwa PT PERTAMINA (PERSERO) tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melalui e-mail/sms.” mengutip dari website resmi Pertamina.

cek-fakta-hadiah-pertamina-3.jpgSumber: Waspada Penipuan | Pertamina

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai pemberian hadiah Rp150 juta dari Pertamina, merupakan informasi yang salah. Karena informasi ini tidak mencantumkan sumber resmi.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, pemberian hadiah Rp150 juta dari Pertamina dalam kategori Fabricated Content (konten palsu). Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES