Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Hoaks Megawati Mundur, Tunjuk Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP

Kamis, 19 Agustus 2021 - 17:02 | 103.77k
Unggahan video tentang Ketua Umum PDIP Megawati Mundur, dan menunjuk Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP.
Unggahan video tentang Ketua Umum PDIP Megawati Mundur, dan menunjuk Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah video beredar di media sosial Facebook. Video yang diunggah oleh akun Grup Facebook: Kabar Terbaru Jokowi disertai narasi Megawati mundur dari PDIP, dan menunjuk Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP.

Dalam video yang diunggah pada 7 Agustus 2021 itu tersematkan label Politik Nusantara. Video berdurasi 10 menit 5 detik.

Advertisement

Berikut narasi yang disertakan oleh akun Kabar Terbaru Jokowi pada unggahan videonya:

BERITA VIRAL Mundur Dari PDIP ! Megawati Tunjuk Jokowi Gantikan Jadi Ketua Umum PDIP
Sumber : Politik Nusantara

cek fakta megawati mundur 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA 

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, kabar Megawati Soekarnoputri mundur dari PDIP dan menunjuk Joko Widodo (Jokowi) menggantikannya sebagai ketua umum partai, salah. 

Kami menelusuri konten video yang diunggah akun Kabar Terbaru Jokowi. Video tersebut berasal dari channel YouTube Politik Nusantara. Video tersebut berjudul: Berita Terkini ~ Mundur Dari PDIP ! Megawati Tunjuk Jokowi Gantikan Jadi Ketua Umum PDIP, yang diunggah pada 6 Agustus 2021 pukul 19:32 WIB. Isinya identik dengan yang diunggah di Grup Kabar Terbaru Jokowi.

Video tersebut berisi pernyataan Megawati dalam sejumlah forum. Di dalamnya tidak ada pernyataan Megawati mundur sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan. Dan juga pernyataan Megawati menunjuk Jokowi sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

Melansir Tempo.co, video tersebut berisi cuplikan yang pernah diunggah dari sejumlah channel YouTube, di antaranya: pidato Megawati bisa dilihat di channel PDI Perjuangan (PELATIHAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI - BAGUNA DPP PDI PERJUANGAN RABU, 4 AGUSTUS 2021 | YouTube). Juga video pidato politik Megawati pada HUT ke-44 PDI Perjuangan bisa disaksikan di BeritaSatu (Sambutan Megawati di HUT ke-44 PDI Perjuangan | YouTube). Sedangkan cuplikan pernyataan Jokowi yang ada di video tersebut bisa dilihat secara utuh di channel Sekretariat Presiden (Pidato Presiden Jokowi untuk Global Health Summit, 21 Mei 2021 | YouTube).

Adapun narasi yang dibaca oleh pengisi suara bersumber dari situs seword.com (Lelah, Megawati Siap Mundur, Pengganti: Prananda, Puan atau Jokowi? | SEWORD), dan beritasatu.com (Pengamat: Berkat Jokowi Effect, Elektabilitas PDIP Makin Naik | BERITASATU).

cek fakta megawati mundur 3Sumber: Keliru, Klaim Megawati Mundur dari PDIP dan Menunjuk Jokowi Jadi Ketua Umum | Tempo

Untuk lebih memastikan, kami juga menelusuri menggunakan mesin pencari Google dengan kata kunci: megawati mundur dari pdip. Muncul beberapa artikel dan video dari sejumlah media mainstream dan situs kementerian (Kominfo RI) yang melakukan pemeriksaan fakta atas kabar tersebut. Hasil dari pemeriksaannya, kabar tersebut tidak benar.  

cek fakta megawati mundur 4Sumber: megawati mundur dari pdip - Penelusuran Google

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, kabar Megawati mundur dari PDIP, dan menunjuk Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP, tidak benar. Tidak ada informasi resmi atau pernyataan resmi dari PDIP yang menyebutkan Megawati Soekarnoputri mundur dari jabatannya sebagai ketua umum partai.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, kabar tersebut termasuk dalam kategori Misleading Content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya. 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES