Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Akun Instagram Palsu PT INTI Sebar Info Lowongan Kerja

Minggu, 22 Agustus 2021 - 09:22 | 125.04k
Unggahan akun Instagram PT INTI palsu menampilkan info pembukaan lowongan kerja.
Unggahan akun Instagram PT INTI palsu menampilkan info pembukaan lowongan kerja.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi bahwa PT INTI (Persero) membuka lowongan kerja. Informasi tersebut dibagikan oleh akun instagram @ptinticareer.official.

Akun tersebut membagikan informasi lowongan kerja pada 17 Agustus 2021 dan 21 Agustus 2021.

cek fakta pt inti 2 cek fakta pt inti 3

Sumber: Tangkapan Layar Instagram

21 Agustus 2021
21 Agustus 2021
17 Agustus 2021

CEK FAKTA

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta, akun instagram @ptinticareer.official bukan akun instagram resmi milik BUMN tersebut. Dengan menggunakan mesin pencari Google, kami mengetik kata kunci: lowongan kerja pt inti +instagram, kami mendapati instagram resmi PT INTI (Persero) adalah @ptintiofficial.

Hasil temuan selanjutnya, kami memperoleh pernyataan resmi dari pihak PT INTI (Persero) terkait informasi lowongan kerja tersebut. Mengutip liputan6.com, Vice President Sekretaris Perusahaan dan Perencanaan Strategis PT INTI (Persero) Rizqi Ayunda Pratama, menyebut akun palsu @ptinticareer.official itu juga secara aktif mengambil dan mempublikasikan konten resmi Perusahaan BUMN tersebut agar akun tersebut terlihat meyakinkan.

Rizqi mengimbau kepada masyarakat dan para pencari kerja untuk lebih teliti dan berhati-hati terhadap akun palsu yang mengatasnamakan sebuah perusahaan.

Dia menegaskan bahwa PT INTI (Persero) hanya menginformasikan lowongan pekerjaan beserta setiap proses rekrutmennya melalui akun resmi @ptintiofficial pada Twitter, Instagram, dan Facebook Fanpage, serta website www.inti.co.id. 

"Selain itu, PT INTI (Persero) pun tidak memungut biaya dalam setiap proses rekrutmen,” kata Rizqi, Kamis (19/8/2021).

PT INTI (Persero) juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengonfirmasi dan melaporkan melalui direct message (DM) akun resmi Instagram @ptintiofficial apabila menemukan akun-akun penipuan yang mengatasnamakan PT INTI (Persero).

cek fakta pt inti 4Sumber: Waspada Penipuan Lowongan Kerja BUMN PT INTI | Liputan6

Melalui akun Instagram resminya, PT INTI juga memberitahukan adanya penipuan berkedok rekrutmen yang mengatasnamakan PT INTI (Persero) dengan menggunakan akun Intagram ptinticareer.official.

cek fakta pt inti 5Sumber: Tangkapan layar Instagram/@ptintiofficial

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, akun @ptinticareer.official bukan akun resmi PT INTI (Persero). Pihak PT INTI (Persero) telah memberikan pernyataan resmi terkait hal tersebut.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). 

Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES