Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Anak-anak di Pemulutan Ogan Ilir Sumsel Bermain dengan Buaya

Senin, 23 Agustus 2021 - 09:26 | 88.97k
Unggahan video anak sedang bermain dengan buaya di sungai yang diklaim terjadi di Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel)..
Unggahan video anak sedang bermain dengan buaya di sungai yang diklaim terjadi di Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel)..

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah video yang memperlihatkan anak-anak sedang bermain dengan buaya di sungai. Dalam video yang diunggah di Facebook disebutkan peristiwanya terjadi di Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel).

Video tersebut diunggah oleh akun Shand Al-Palembangi pada 18 Agustus 2021.
Dalam video berdurasi 51 detik itu, terlihat empat anak bermain dengan seekor buaya di sungai. 

Pengguna akun Shand Al-Palembangi menyertakan narasi sebagai berikut:

Pemulutan, salah satu kampung di Kab. Ogan Ilir, Sumsel....warga ny sdh akrab bermain dg buaya

cek fakta video anak bermain buaya 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA 

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta, klaim video anak-anak bermain dengan buaya terjadi di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumsel, tidak benar. Kami menelusuri video tersebut menggunakan mesin pencari Google dengan kata kunci tertentu.

Hasil penelusuran, kami menemukan artikel sumeks.co yang menyebutkan bahwa peristiwa tersebut tidak terjadi di Pemulutan, Ogan Ilir. Pihak kepolisian telah melakukan penyelidikan dan pengumpulan bahan keterangan atas video tersebut. 

Kapolsek Pemulutan, Iptu Iklil Alanuari menerangkan lokasi dalam video tersebut bukan di wilayah Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir. “Terkait adanya video viral yg beredar di medsos mengenai kemunculan seekor buaya yang sedang berenang bersama anak-anak di pinggiran sungai tersebut tidak benar atau hoaks,” kata Iklil. 

Menurut Iklil, berdasarkan keterangan dari sejumlah pihak, di antaranya kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat, kejadian tersebut bukan berasal dari Desa Pemulutan Ilir. Dan tidak ada laporan maupun pemberitahuan dari warga sekitar di sepanjang sungai Ogan.

Iklil mengatakan, kejadian tersebut diduga berasal dari daerah lain di luar wilayah Kecamatan Pemulutan. Ia menambahkan, video tersebut sempat viral pada 2020 lalu. 

cek fakta video anak bermain buaya 3Sumber: Viral Video Anak-anak Bermain dengan Buaya di Sungai, Polisi : Hoax | Sumeks

Melansir viva.co.id, video itu pernah diunggah di akun Twitter @mdfaidzul (https://twitter.com/mdfaidzul/status/1278707004287025153). Empat orang anak bermain dengan buaya di sungai berada di Sabah, Malaysia yang ditangkap oleh ayah mereka. Video diunggah pada 2 Juli 2020. 

"Dia buat macam kucing la pula," tulis pengguna akun @mdfaidzul.

cek-fakta-video-anak-bermain-buaya-5.jpgSumber: Santuy, Anak-anak Ini Asyik Berenang Bareng Buaya | VIVA

Pemeriksaan atas video tersebut juga dilakukan oleh cek fakta medcom.id. Kesimpulannya mengarah pada lokasi kejadian bukan di Indonesia.

cek fakta video anak bermain buaya 4

Sumber: [Cek Fakta] Video Anak-anak Bermain dengan Buaya di Sungai Ogan Ilir Sumsel? Begini Faktanya | Medcom

KESIMPULAN 

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim video anak-anak di Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, bermain dengan buaya, tidak benar. Kejadian dalam video tersebut bukan di wilayah Indonesia.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk hoaks jenis  false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES