Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Salah, Banser Siap Lawan Warga Papua

Kamis, 02 September 2021 - 09:39 | 237.83k
Foto tentang Banser dengan narasi siap melawan Papua beredar di media sosial.
Foto tentang Banser dengan narasi siap melawan Papua beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah foto tentang Banser (Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama) siap melawan monyet Papua, beredar di media sosial Facebook.

Foto tersebut disertai narasi yang bersifat provokatif, untuk melawan masyarakat Papua. Berikut narasi yang beredar di dalam foto tersebut:

Advertisement

Woy Papua manusia monyet kalian nggak sadar kah wajah wajah kalian mirip monyet item dekil slalu bikin rusuh NKRI?

Ingat kami anggota Banser tidak tinggal diam kami tunggu komando abislah kau Papua Monyet 

Salam NKRI HARGA MATI 
BRAVO BANSER SIAP PERANG LAWAN MONYET PAPUA

cek fakta banser lawan papua

CEK FAKTA

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia terkait Banser siap lawan Monyet Papua, tidak benar. Dari penelusuran kami ditemukan informasi itu bukan resmi dari Banser.

Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser menyatakan, terkait dengan tulisan yang beredar di medsos yang isinya menyudutkan masyarakat Papua, itu adalah berita bohong alias hoaks. Apalagi mengatasnamakan dari Banser.

"Setelah ditelusuri oleh tim Banser itu adalah tulisan hoax pertama kali posting sebaran screeshoot itu pada 12 Oktober 2020. Alamat asal Papua.
Tapi sekarang menjelang PON di Papua tulisan itu beredar dan digoreng kembali," ujar Kasatkornas Banser, Hasan Basri Sagala.

Tujuan postingan hoaks itu tak lain untuk memancing dan memperkeruh stabilitas nasional menjelang gawe olah raga nasional itu.

"Jelas itu berita gorengan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Apalagi mengatas namakan dari Banser," kata HBS, panggilan akrabnya.

Menurut HBS selain berita lama. Akun itu fiktif dan sudah mati dan tidak bisa dihubungi. "Kita sudah tau yang bikin. Untuk itu kami berharap masyarakat Papua dimanapun tidak terpancing dan mereaksi postingan bohong itu," katanya.

cek-fakta-banser-lawan-papua-4.jpgSumber: Sudutkan Masyarakat Papua, Banser: Itu Hoaks | TIMES Indonesia

Hasil penelusuran tim CEK FAKTA TIMES Indonesia, foto yang beredar tersebut merupakan foto yang tersebar pada 2019 di Twitter. Foto ini disebarkan oleh akun Twitter @RI_OO7.

cek fakta banser lawan papua 2Sumber: Twitter @RI_OO7

Foto ini sering digunakan untuk proses pembuatan hoaks memprovokasi satuan Banser, terutama dalam isu memecah NKRI. Berikut Informasi hoaks yang didapatkan tim Cek Fakta TIMES Indonesia terkait foto tersebut.

https://pbs.twimg.com/media/Eoe_BVNU0AIVzZl.jpg

https://pbs.twimg.com/media/EHm2NKhVUAAmk5N.jpg

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tentang Banser siap lawan Monyet Papua, salah. Informasi tersebut tidak mencantumkan sumber resmi. Pihak Banser menegaskan foto yang beredar di media sosial itu hoaks.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang tentang Banser siap Lawan Monyet Papua, masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading Content terjadi akibat sebuah konten dibentuk secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES