Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Salah, Video Jokowi Berkerumun Tak Pakai Masker

Selasa, 07 September 2021 - 09:01 | 44.16k
Video hoaks Presiden RI Jokowi sedang berkerumun dan tidak memakai masker.
Video hoaks Presiden RI Jokowi sedang berkerumun dan tidak memakai masker.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video Joko Widodo (Jokowi) tidak memakai masker saat berada di suatu ruangan yang terdapat banyak orang. Video tersebut dibagikan akun Facebook Edwin Syah pada 5 September 2021. 

Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/edwin.syah.56/posts/4722289564558274)

Advertisement

Pengguna akun Edwin Syah, membagikan postingan yang diunggah oleh akun Rendra pada 7 Juli 2021. Video yang diunggah akun Rendra ini telah dibagikan lebih dari 49 ribu kali dan direspons dengan emoji lebih dari 8.200 kali.

Dalam video berdurasi 49 detik itu terlihat Jokowi dan Surya Paloh ada dalam suatu ruangan yang terdapat sejumlah orang. Terlihat tidak ada yang memakai masker dalam acara tersebut, termasuk Jokowi.

Terdapat narasi dalam video tersebut sebagai berikut:

KITA DITIPU,1 
PUN TAK AD
YG PAKE
MASKER

FAKTA
mnunjukan... Ternyata 
org2 yg d belakang jkowi

INNALILLAHI...
WAINNAILAIHI
ROOJI'UUN

cek-fakta-jokowi-tidak-pakai-masker-5.jpgSumber: Facebook (https://www.facebook.com/rendra1999/posts/5875961425778707)

CEK FAKTA

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia menelusuri klaim video tersebut dengan menggunakan mesin pencari Google. Kami menggunakan kata kunci tertentu di antaranya: video jokowi, surya paloh, masker.

Hasil penelusuran kami, video tersebut merupakan kejadian tahun 2019 saat Presiden Jokowi melayat melayat mendiang Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinar Mas Group, di rumah duka Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta pada 28 Januari 2019.

cek fakta jokowi tidak pakai maskerSumber: Cek Fakta: Viral Video Presiden Joko Widodo Tak Pakai Masker, Benarkah? | Suara

Video yang identik diunggah di kanal Youtube Kids Clairyne Show pada 28 Januari 2019 dengan judul “Jokowi Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto".

cek fakta jokowi tidak pakai masker 2Sumber: Jokowi Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto | YouTube

Terkait Jokowi melayat mendiang Eka Tjipta Widjaja, CNN Indonesia memberitakannya. Disebutkan, Jokowi tiba di rumah duka milik RSPAD Gatot Soebroto sekitar pukul 18.05 WIB dengan mengenakan kemeja batik lengan panjang. Jokowi keluar dari rumah duka tersebut sekitar pukul 18.45 WIB. 

cek fakta jokowi tidak pakai masker 3Sumber: Jokowi Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto | CNN Indonesia

KESIMPULAN

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim dalam video yang memperlihatkan Jokowi tidak memakai masker di masa pandemi saat berada di keramaian, salah. Video tersebut terjadi pada Januari 2019, saat pandemi covid-19 belum terjadi. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES