Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Manfaat Yakult untuk Mencegah Kanker Paru-Paru

Rabu, 08 September 2021 - 09:14 | 398.70k
Informasi hoaks tentang manfaat dari minum Yakult dapat mencegah kanker paru-paru.
Informasi hoaks tentang manfaat dari minum Yakult dapat mencegah kanker paru-paru.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar narasi yang menyebutkan manfaat dari minum Yakult. Salah satunya mencegah kanker paru-paru. Narasi tersebut beredar di media sosial Instagram yang diunggah akun @yukktetapsehat pada 29 Agustus 2021.

Berikut narasi lengkapnya:

Yakult adalah minuman probiotik. Dėngan minum yakult, artinya anda minum probiotik. Yang dimaksud dėngan probiotik adalah makhluk hidup yang bėrpėran dalam kėsėhatan inangnya. Jėnis probiotik yang diminum dalam yakult adalah L. casėi Shirota strain yang mėrupakan hasil pėnėlitian 80 tahun.

Manfaat minum yakult :
1. Minum yakult dapat mėnurunkan risiko tėrjadinya gangguan pėncėrnaan tėrmasuk diarė, konstipasi, dan mėmudahkan anda untuk buang air bėsar.

2. Minum yakult dapat mėnurunkan risiko dalam tėrkėna kėlainan hati (livėr disordėr).

3. Minum yakult sėtiap hari dapat mėnurunkan dan bahkan mėngobati kėlainan pada usus bėsar sėpėrti iritasi, inflamasi pada usus bėsar.

4. Bagi perokok, minum yakult sėtiap hari tėrbukti mampu mėningkatkan produksi sėl natural killėr yang bėrpėran dalam mėningkatkan sistėm imun dan mėncėgah kankėr paru paru.

5. Bagi Atlit, minum yakult sangat bėrmanfaat dalam mėningkatkan kėtahanan tubuh dalam mėlawan infėksi bila tėrjadi luka.

.
.
.
.
@sehatyuks.id

jagakesehatanyuk #tanyadokter #hidupsehat #infokesehatanwanita #informasikesehatan #polahidupsehat #infosehat #gayahidupsehat #tubuhsehat #solusikesehatan #kesehatan #sehat #indonesiasehat #tipskesehatan #sehatituaset #ayosehat #jawabandokter #tipssehat #dirumahajah #diluarajah #prayforindonesia #prayforbumi #peduliitukeren

cek fakta yakult 2Sumber: Instagram (https://www.instagram.com/p/CTJ4DXRJCT8/)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, narasi yang menyebut manfaat dari minum Yakult untuk mencegah kanker paru-paru, tidak benar. Kami menelusuri informasi tersebut dengan menggunakan mesin pencari google. 

Melansir dari kompas.com, dokter ahli gizi Dr. Dr. Tan Shot Yen mengatakan bahwa probiotik sering disebut sebagai flora baik yang disebar ke usus dan berfungsi untuk mencegah bakteri jahat berkembang.

cek fakta yakult 3Sumber: [HOAKS] Minuman Probiotik Sembuhkan Kanker Serviks dan Kanker Usus | Kompas

Tan Shot Yen juga mengatakan bahwa probiotik bukanlah kemoterapi. Dalam situs resmi Yakult disebutkan, bakteri Yakult termasuk ke dalam golongan bakteri yang terbukti aman bagi manusia, kuat dan tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu, sehingga bisa sampai ke dalam usus manusia dalam keadaan hidup dan terbukti bermanfaat untuk membantu menjaga pencernaan selalu baik.

Disebutkan pula, manfaat dari minuman susu fermentasi Yakult meliputi: mengoptimalkan daya tahan tubuh, mencegah gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit, mengurangi racun di dalam usus, menekan pertumbuhan bakteri merugikan dan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

cek fakta yakult 4Sumber: Tentang Yakult | PT Yakult Indonesia ersada

Mafindo melalui turnbackhoax.id juga pernah melakukan pemeriksaan atas klaim serupa pada 2019 lalu.

cek fakta yakult 5Sumber: [SALAH] Minuman Probiotik Dapat Membantu Sembuhkan Kanker | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, narasi yang menyebut manfaat dari minum Yakult untuk mencegah kanker paru-paru, tidak benar. Yakult merupakan minuman probiotik untuk mencegah perkembangan bakteri jahat dalam usus.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES