Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Kunyah Cengkeh dan Kayu Manis Tingkatkan Saturasi Oksigen

Sabtu, 11 September 2021 - 18:27 | 81.16k
Pesan hoaks tentang peningkatan saturasi oksigen dengan mengunyah cengkeh dan kayu manis.
Pesan hoaks tentang peningkatan saturasi oksigen dengan mengunyah cengkeh dan kayu manis.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar pesan di media sosial, WhatsApp, tentang peningkatan saturasi oksigen dengan mengunyah cengkeh dan kayu manis. Dalam pesan yang tersebar secara berantai tersebut disebutkan bahwa ada seorang dokter dari luar negeri, yang sudah mencobanya sendiri.

Berikut petikan pesan tersebut:

Advertisement

"Tolong beri tahu siapa saja yang kadar oksigennya rendah untuk mengunyah cengkeh atau kayu manis. Ini meningkatkan kadar oksigen. Hal ini dibuktikan dengan seseorang yang kadar oksigennya turun menjadi 91 red alert selama 2 atau 3 hari. Mereka tidak bisa mendapatkan rumah sakit atau hotel karantina. Beberapa orang menyuruh mereka untuk mencoba mengunyah cengkeh atau kayu manis & kemudian kadar oksigen meningkat secara bertahap menjadi 95 & sekarang 97/98. Tolong bagikan ini bisa menyelamatkan nyawa. Bahkan alpukat sangat bagus," demikian bunyi pesannya.

cek fakta kayu manis cengkeh tingkatkan saturasi oksigen 3

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, informasi mengenai peningkatan saturasi oksigen dengan mengunyah cengkeh dan kayu manis, merupakan informasi hoaks. Sebab, informasi yang tersebar tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukung informasi tersebut.

Hasil penelusuran terkait infomasi ditemukan bahwa pesan ini merupakan kabar bohong atau hoaks. Laman Covid19.go.id memuat informasi terkait pesan ini, yang dinyatakan sebagai kabar bohong atau hoaks.

Dr. Zullies Ikawati, Apt, Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, diketahui bahwa mengunyah cengkeh dan kayu manis tidak memiliki manfaat menaikkan kadar oksigen y
Mengutip Prof. ang terbukti klinis.

cek fakta kayu manis cengkeh tingkatkan saturasi oksigenSumber: Awas Hoaks: Mengunyah Cengkeh atau Kayu Manis dapat Meningkatkan Kadar Oksigen yang Sedang Menurun | Covid19.go.id

Lebih lanjut pada artikel berjudul "Inhaling camphor, lavang, ajwain and eucalyptus oil DOES NOT increase blood oxygen level" yang dimuat situs altnews.in, menyebutkan tidak ada penelitian atau bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa cengkeh atau kayu manis dapat meningkatkan oksigen darah atau meredakan gangguan pernapasan.

Di sisi lain, cengkeh dan kayu manis merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Laman NDTV menyebut manfaat cengkeh untuk kesehatan di antaranya: membantu mengurangi stres oksidatif dan mengurangi peradangan, memiliki sifat anti-bakteri yang bisa melindungi Anda dari infeksi dan bakteri berbahaya, membantu dalam memerangi masalah pencernaan, muntah dan mual.

cek fakta kayu manis cengkeh tingkatkan saturasi oksigen 2Sumber: Inhaling camphor, lavang, ajwain and eucalyptus oil DOES NOT increase blood oxygen level | Alt News

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai  peningkatan saturasi oksigen dengan mengunyah cengkeh dan kayu manis, merupakan informasi yang salah. Karena informasi ini tidak mencantumkan sumber resmi, dan belum ada data resmi ataupun riset terkait informasi ini.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, peningkatan saturasi oksigen dengan mengunyah cengkeh dan kayu manis dalam Misleading content (konten menyesatkan). Konten ini dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES