Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Gangguan Jaringan Indihome dan Telkomsel karena Kabel Digigit Hiu

Rabu, 22 September 2021 - 13:47 | 183.63k
Sebuah video dengan klaim yang menyebutkan gangguan jaringan IndiHome dan Telkomsel karena kabel dalam laut digigit ikan hiu.
Sebuah video dengan klaim yang menyebutkan gangguan jaringan IndiHome dan Telkomsel karena kabel dalam laut digigit ikan hiu.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar klaim yang menyebut gangguan jaringan IndiHome dan Telkomsel karena kabel dalam laut digigit ikan hiu. Klaim tersebut beredar di media sosial Twitter, salah satunya diunggah akun @tukangrosok___ pada 22 September 2021.

Pengguna akun @tukangrosok___ mengunggah video berdurasi 7 detik yang di dalamnya tertera tulisan berikut:

Advertisement

Gara2 elu ntong 1 indonesia kalang kabut bayar wifi dikiranya dia telat bayar wifi pada wafat smua

Ni netiz3n ga ada yg mau hujat nii tersangkanya ketangkep nih

Selain itu, akun tersebut juga mengunggah narasi dalam cuitannya sebagai berikut:

Gegara lu Tong, kabel internet 
@TelkomIndonesia @IndiHome rusak ? Kirain pd telat bayar wifi

cek fakta kabel indihome 2Sumber: Twitter (https://twitter.com/tukangrosok___/status/1440541152998875138)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim yang menyebut bahwa gangguan jaringan IndiHome dan Telkomsel karena kabel bawah laut digigit ikan hiu, tidak benar. Kabel yang digigit hiu dalam video yang beredar bukanlah milik Telkomsel.

Mengutip suara.com, sebelumnya pernah diberitakan oleh The Guardian, kabel yang digigit hiu dalam video tersebut merupakan milik Google, yang diketahui menyebabkan pendanaan besar-besaran perusahaan besar tersebut.

Para pakar berspekulasi bahwa hiu tertarik pada medan magnet yang diciptakan oleh tegangan tinggi yang dibawa melalui kabel, yang menyerupai yang dibuat oleh ikan.

cek fakta kabel indihome 3Sumber: Google reinforces undersea cables after shark bites | The Guardian

Terkait dengan gangguan jaringan internet, Indihome telah membuat keterangan. Dalam keterangannya tidak menyebut gangguan jaringan disebabkan oleh ikan hiu yang menggigit kabel dalam laut.

"Hingga saat ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) masih mengupayakan percepatan pemulihan layanan di wilayah yang mengalami gangguan pada Minggu malam (19/9/2021) gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam – Pontianak," tulis akun Twitter @IndiHome pada 21 September 2021.

cek fakta kabel indihome 4Sumber: Twitter/@IndiHome

Pemeriksaan atas klaim serupa juga telah dilakukan suara.com.

cek fakta kabel indihome 5Sumber: CEK FAKTA: Benarkah Indihome dan Telkomsel Gangguan Jaringan karena Kabel Digigit Hiu? | Suara

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta  TIMES Indonesia, klaim yang menyebut gangguan jaringan IndiHome dan Telkomsel karena kabel bawah laut digigit ikan hiu, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES