Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Air Jeruk Nipis Bisa Bersihkan Paru-Paru Perokok dengan Menurunkan Kadar Nikotin

Minggu, 03 Oktober 2021 - 14:00 | 93.87k
Informasi air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru bagi orang yang suka merokok.
Informasi air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru bagi orang yang suka merokok.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial bahwa air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru bagi orang yang suka merokok dengan menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 persen. Informasi tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Toni Irawan di media sosial Facebook pada 14 September 2021.

Dalam informasi yang dibagikan, akun tersebut menyebutkan bahwa jeruk nipis yang mengandung vitamin dan mineral,  dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 persen dalam tubuh.

Berikut narasi lengkap yang diunggah:

Siapa nih yang punya suami perokok?
Ternyata Jeruk nipis bisa untuk membersihkan paru-paru bagi orang yang suka merokok.
Jeruk nipis memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin, mineral, dan lainnya.
Sehingga, Air jeruk nipis dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 % dalam tubuh. Bahkan, jeruk nipis juga dapat Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan kebiasaan merokok. 
Semoga bermanfaat 

cek-fakta-air-jeruk-2.jpgSumber: Facebook (https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=271550784788152&id=100057996960240)

Hal senada diungkapkan oleh Dr Moh Ramadhani Soeroso, seorang dokter spesialis paru konsultan onkologi di RSUD dr Pirngadi Medan. Mengutip kompas.com, ia mengatakan bahwa informasi mengenai air jeruk nipis yang dapat menurunkan kadar nikotin dan membuat seseorang bisa berhenti merokok adalah tidak benar.

Menurutnya, siapa pun dokter paru yang ditanya, pasti sulit meminta pasien berhenti merokok. Ramadhani menjelaskan, hanya ada satu hal yang akan membuat seseorang mengurangi kebiasaan merokok yakni dengan berolahraga.

Terkait jeruk nipis, Ramadhani meluruskan bahwa pemanfaatan jeruk nipis sangat multiguna antara lain digunakan untuk bahan pembuatan minuman, penyedap masakan dan sajian buah segar.

Selain itu, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan, pelengkap ramuan obat tradisional, dan pembersih alat-alat dapur atau sarana rumah tangga.

Adapun bagian yang sering digunakan dari jeruk nipis adalah air perasannya, dengan salah satu manfaat untuk menghilangkan jerawat serta menyembuhkan luka agar tidak terjadi abses.

Dia menambahkan, buah jeruk nipis mengandung zat yang berfungsi menurunkan kolesterol total.

Sumber: [HOAKS] Air Jeruk Nipis Dapat Menghilangkan Kebiasaan Merokok | Kompas

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru bagi orang yang suka merokok adalah salah. Tidak ada hubungan antara air jeruk nipis dengan paru-paru.

Mengutip liputan6.com, menurut dokter spesialis paru, Mohammad Arifin Nawas, tidak ada hubungan antara air jeruk nipis dengan paru-paru. “Paru-paru itu beda, kan dia saluran napas. Kalau jeruk nipis kan masuk melalui lambung, jadi enggak akan menuju ke sana,” jelasnya.

Arifin menambahkan, air jeruk nipis hanya bisa mengatasi gejala batuk. “Rasanya sih kalau gejala batuk mungkin bisa, tapi bukan membersihkan paru-paru dari asap rokok, bukan,” ucapnya.

Untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok, lanjut dia, dapat menggunakan obat-obatan yang disebut sebagai mukolitik. Selain itu bisa juga melakukan kultur dahak, atau sputum.

Ia menegasjkan kembali bahwa bahan-bahan alami belum bisa membersihkan paru-paru. Adanya klaim yang air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru dari nikotin, menurut dia, tidak berdasarkan bukti yang jelas.

cek-fakta-air-jeruk-4.jpgSumber: Cek Fakta Kesehatan: Air Jeruk Nipis Bisa Bersihkan Paru-Paru Akibat Rokok? | Liputan6

Hal serupa diungkapkan Dokter spesialis paru konsultan onkologi di RSUD dr Pirngadi Medan Dr Moh Ramadhani Soeroso. Dia mengatakan, informasi terkait air jeruk nipis yang dapat menurunkan kadar nikotin adalah hoaks.

Ramadhani menjelaskan, hanya ada satu hal yang akan membuat seseorang mengurangi kebiasaan merokok yakni dengan berolahraga. Olahraga yang dimaksud yakni jenis excercise berat, seperti fitness, angkat beban, treadmill, jogging, body combat, aerobik, dan lainnya. Dengan melakukan excercise berat maka si perokok dapat mengurangi kegiatan merokoknya dan lambat laun akan berhenti.

KESIMPULAN

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru bagi orang yang suka merokok dengan menurunkan kadar nikotin, salah. Para ahli menyatakan tidak ada hubungan antara air jeruk nipis dan paru-paru.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES