Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Presiden RI Jokowi Dikawal dengan Formasi V di Prancis

Jumat, 05 November 2021 - 09:24 | 73.90k
Video yang diklaim adalah pengawalan Presiden RI Jokowi di Prancis dengan formasi membentuk huruf V.
Video yang diklaim adalah pengawalan Presiden RI Jokowi di Prancis dengan formasi membentuk huruf V.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video dengan narasi pengawalan Presiden RI Jokowi di Prancis dengan menggunakan formasi kawal V (menggunakan 15 sepeda motor yang membentuk huruf V). Video dengan narasi tersebut beredar di media sosial Twitter.

Akun Twitter: @Shintar78160014 mengunggah video dengan narasi tersebut pada 3 November 2021.  Video yang diunggahnya berdurasi 8 detik. Berikut narasi lengkapnya:

Advertisement

Pengawalan presiden  Jokowi di Perancis . Dengan formasi kawal V ( 15 sepeda motor ) oleh satuan Le Gendamerie , ini  tradisi pengawalan khusus hanya untuk tamu negara yang sangat di hormati . 
Bravo presiden @jokowi .......

CEK FAKTA Video Presiden RI Jokowi 6Sumber: Twitter (https://twitter.com/Shintar78160014/status/1455741824761425920)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dengan narasi pengawalan Presiden RI Jokowi di Prancis dengan formasi kawal V, tidak benar. Penelusuran kami dengan menggunakan mesin pencari Google, menemukan bahwa video tersebut bukanlah pengawalan Presiden Jokowi di Prancis.

Melansir dari berbagai sumber, salah satunya turnbackhoas.id, jaringan tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video tersebut merupakan pengawalan terhadap Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Belin, Jerman pada tahun 2015. 

cek fakta Video Presiden RI JokowiSumber: [SALAH] Video “Pengawalan presiden Jokowi di Perancis Dengan formasi kawal V” | Turnbackhoax

Salah satu sumber yang membagikan video kunjungan Ratu Elizabeth II ke Berlin adalah kanal YouTube: Hans Joachim dengan judul "Queen Elizabeth II. zum Botschafterempfang, 25.06.2015". Video dibagikan pada 27 Juni 2015.  Video tersebut serupa dengan yang diunggah oleh akun Twitter: @Shintar78160014.

cek fakta Video Presiden RI Jokowi 2Sumber: Queen Elizabeth II. zum Botschafterempfang, 25.06.2015 | YouTube

Video lainnya yang juga menggambarkan kunjungan Ratu Elizabeth II ke Jerman juga bisa dilihat di channel YouTube: The Royal Family Channel dengan judul "The Queen begins fifth State visit to Germany". Terlihat formasi pengawalan V pada detik-detik awal.

cek fakta Video Presiden RI Jokowi 3Sumber: The Queen begins fifth State visit to Germany | YouTube

Sementara berita mengenai kunjungan Ratu Inggris itu ke Jerman dapat dibaca di laman aa.com.tr. Disebutkan dalam artikel yang diunggah pada 24 Juni 2015 waktu Turki, Ratu Elizabeth II dan suaminya Pangeran Philip memulai resmi tiga hari di Berlin dengan pertemuan dengan para pemimpin Jerman. Mereka disambut Presiden Jerman Joachim Gauck dan rekannya Daniela Schadt di depan pintu Istana Bellevue.

cek fakta Video Presiden RI Jokowi 4Sumber: Queen Elizabeth II begins 3-day visit in Germany | AA

KESIMPULAN

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dengan narasi pengawalan Presiden RI Jokowi di Prancis dengan formasi kawal V, salah. Video tersebut merupakan pengawalan Rau Elizabeth II saat berkunjung ke Berlin, Jerman pada 2015 lalu. 

misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES