Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Foto Uang Kertas Pecahan Senilai Rp1 Juta

Kamis, 11 November 2021 - 09:12 | 421.43k
Gambar uang pecahan dengan nominal 1.0 yang beredar di media sosial.
Gambar uang pecahan dengan nominal 1.0 yang beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar gambar yang diklaim uang pecahan baru senilai Rp1 juta. Gamabr tersebut beredar di media sosial Facebook, salah satunya diunggah oleh akun Ilyas Albar pada Rabu (10/11/2021).

Akun tersebut mengunggah gambar yang menunjukkan selembar kertas mirip uang pecahan lembaran dengan tulisan 1.0.

Advertisement

Berikut narasi yang sertakan dalam unggahannya:

Uang pecahan 1jt yg akan segera datang 

cek fakta uang Uang Kertas satu Juta 2Sumber: Facebook (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=459546112182913&id=100043825837985)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, gambar selembar kertas bertuliskan 1.0 yang diklaim uang pecahan senilai Rp1 juta, salah. Kami menelusuri menggunakan mesin pencari dengan kata kunci tertentu, dan menemukan pernyataan dari pihak Bank Indonesia (BI) terkait uang pecahan 1.0.

Pihak BI sebagai satu-satunya lembaga yg diberikan kewenangan untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah yang sah di Indonesia, menyatakan bahwa uang tersebut tidak sah untuk digunakan sebagai transaksi jual beli. 

BI menegaskan uang tersebut bukan rupiah dan pihaknya tidak pernah mengeluarkan ataupun mengedarkan uang dengan nominal 1.0 tersebut.

Erwin menjelaskan, sesuai dengan UU No.7 tahun 2011 tentang Mata Uang, Rupiah memiliki ciri khusus yang tidak ada pada uang pecahan 1.0. 

Menurutnya, uang tersebut adalah spesimen Perum Peruri atau contoh uang cetakan Peruri yang hanya untuk kepentingan internal.

cek fakta uang Uang Kertas satu Juta 3Sumber: BI Pastikan Uang Pecahan 1.0 Bukan Rupiah, Lalu Apa? | CNBC Indonesia

Kami juga menemukan konten yang menampilkan adanya uang pecahan 1.0 senilai Rp1 juta dalam bentuk video, beredar di media sosial. Seperti yaang diungkapkan oleh turnbackhoax.id, jaringan tim Cek Fakta TIMES Indonesia, dalam artikelnya berjudul [SALAH] “Uang Pecahan Baru, Selembar 1 Juta”.

cek fakta uang Uang Kertas satu Juta 4Sumber: [SALAH] “Uang Pecahan Baru, Selembar 1 Juta” | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, gambar yang diklaim lembaran uang kertas pecahan senilai Rp1 juta, salah. Pihak Bank Indonesia membantahnya. BI tidak pernah mengeluarkan uang dengan pecahan 1.0 tersebut.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES