Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Media TV Tidak Memberitakan Genangan Air di Sirkuit Mandalika

Sabtu, 27 November 2021 - 16:28 | 80.85k
Klaim yang menyebutkan media televisi tidak memberitakan peristiwa genangan air di Sirkuit Mandalika.
Klaim yang menyebutkan media televisi tidak memberitakan peristiwa genangan air di Sirkuit Mandalika.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang menggambarkan kondisi genangan air di Sirkuit Mandalika saat terjadi hujan. Dalam video tersebut, terdapat narasi tidak ada media televisi yang memberitakan peristiwa tersebut.

Video tersebut beredar di media sosial Facebook, salah satunya dibagikan akun Facebook Darsono New Norista pada Senin, 22 November 2021. 

Dalam postingannya, akun Darsono New Norista menyertakan narasi tambahan sebagai berikut:

Proyek terbaru sirkuit MANDALIKA cocoknya dibuat tanam padi,ternak kodok biar banyak kecebongnya.....

cek fakta Genangan Air di Sirkuit MandalikaSumber: Facebook (https://www.facebook.com/darsono.elekton/posts/1285191745318467)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim pada video bahwa tidak ada media televisi yang memberitakan genangan air di Sirkuit Mandalika, salah. 

Kami menelusuri dengan menggunakan mesin pencari Google dengan kata kunci tertentu. Kami menemukan fakta adanya sejumlah media televisi yang memberitakan hujan yang menyebabkan genangan air di area Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. 

Kompas TV memberitakan hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika. Pemberitaan bisa dilihat di kanal YouTube KOMPASTV dengan judul: Hujan Deras Akibatkan Area Sekitar Sirkuit Mandalika Tergenang Air. Video tersebut ditayangkan pada 20 November 2021. 

Disebutkan dalam video Kompas TV, hujan deras menyebabkan area sekitar Sirkuit Mandalika tergenang. 

cek fakta Genangan Air di Sirkuit Mandalika 2Sumber: Kompas TV - Hujan Deras Akibatkan Area Sekitar Sirkuit Mandalika Tergenang Air | YouTube

Selain Kompas TV, Kami menemukan TV One juga memberitakan peristiwa tersebut. Video dapat dilihat di kanal YouTube dengan judul "Bocor! Banjir Sirkuit Mandalika Masuk ke Paddock Tim WSBK I TVONE MINUTE".

Video tersebut diunggah di kanal YouTube: tvOneNews pada 21 November 2021.

cek fakta Genangan Air di Sirkuit Mandalika 3Sumber: tvOneNews - Bocor! Banjir Sirkuit Mandalika Masuk ke Paddock Tim WSBK I TVONE MINUTE | YouTube

Ada pula Metro TV yang membagikan video berjudul "Hujan Badai di Mandalika, Race 1 WSBK Ditunda". Video itu mengabarkan kondisi Sirkuit Mandalika yang tergenang akibat hujan deras hingga memaksa race 1 balapan WSBK diundur. Video dimuat pada 20 November 2021.

cek fakta Genangan Air di Sirkuit Mandalika 4Sumber: metrotvnews - Hujan Badai di Mandalika, Race 1 WSBK Ditunda | YouTube

KESIMPULAN

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim pada video bahwa tidak ada media televisi yang memberitakan genangan air di Sirkuit Mandalika, salah.  Faktanya, sejumlah media televisi memberitakan genangan air di Sirkuit Mandalika akibat dari hujan deras.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, konten tersebut masuk ke dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES