Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Video Tiang Utama Masjid di Pontianak Bergeser

Rabu, 01 Desember 2021 - 09:22 | 47.15k
Tangkapan layar video tentang tiang masjid di Pontianak bergeser.
Tangkapan layar video tentang tiang masjid di Pontianak bergeser.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang diklaim memperlihatkan pilar atau tiang utama masjid di Pontianak bergeser karena kuasa Allah. Video ini beredar di media sosial.

Kanal YouTube koboi muda mengunggah video tersebut pada 20 Agustus 2021. Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik terlihat sejumlah jemaah melihat dan membicarakan tiang utama masjid tersebut.

Advertisement

cek-fakta-Pilar-Masjid-di-Pontianak-2.jpgSumber: YouTube (https://www.youtube.com/watch?v=uVK_IgNYEJ4)

Benarkah demikian? 

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim pada video bahwa tiang utama masjid di Pontianak bergeser, tidak benar. Kami menelusuri kabar tersebut dengan menggunakan bantuan mesin pencari. Hasilnya, bukan tiang pilar yang bergeser. Namun posisi sajadah di dalam masjid tersebut yang diubah mengikuti kalibrasi arah kiblat. 

Melansir kumparan.com, Ketua Pengurus Masjid Sadar, Zakirin, menegaskan klaim pada video yang beredar tidak benar.

Narasi:
"Tiangnya tidak bergeser, hanya sajadahnya yang berubah," katanya, Jumat, 20 Agustus 2021.

Zakirin menjelaskan, perubahan susunan sajadah disebabkan adanya kalibrasi arah kiblat yang dilakukan pihak masjid, dengan bantuan tim dari Kementerian Agama.

"Masjid ini akan direnovasi. Namun sebelum direnovasi, kita bermaksud meluruskan (mengkalibrasi) arah kiblat terlebih dahulu. Jadi kita panggillah tim dari Kemenag untuk melakukan pengukuran ulang arah kiblat ini," ungkapnya.

Menurut dia, ketika diukur, ada perbedaan sekitar 13 derajat dari arah kiblat sebelumnya. "Kalau dihitung, jaraknya lebih dari 1.000 kilometer dari kota Makkah," ujarnya. 

Kini, arah kiblat Masjid Sadar yang berada di Jalan Pak Abu, Kotabaru, Pontianak, Kalimantan Barat, sudah benar.

"Sekarang arah kiblatnya sudah benar, dan kita susun ulang lah sajadah, sesuai garis dan arah kiblat yang sudah dikalibrasi ini. Dan terjadilan pergeseran ini. Kalau yang lama, itu sesuai dengan garis keramik, tapi sekarang sesuai dengan garis yang ditentukan oleh Kemenag. Besok sertifikatnya arah kiblatnya dikeluarkan oleh Kemenag," papar Zakirin.

cek-fakta-Pilar-Masjid-di-Pontianak.jpgSumber: Heboh Pilar Masjid di Pontianak Bergeser, Ini Fakta Sebenarnya | Kumparan

KESIMPULAN

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim pada video bahwa pilar atau tiang utama masjid di Pontianak bergeser adalah salah. Faktanya, bukan tiang utama atau pilar masjid yang bergeser. Namun posisi sajadah di dalam masjid tersebut yang diubah mengikuti kalibrasi arah kiblat. 

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, konten tersebut masuk ke dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES