Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Foto Ketua Umum PDIP Rekomendasikan Ganjar Pranowo Maju Capres 2024

Kamis, 16 Desember 2021 - 09:26 | 73.24k
Foto Megawati Soekarnoputri bersama Ganjar Pranowo beserta narasi yang menyebut ketua umum PDIP rekomendasikan Ganjar Pranowo maju sebagai capres 2024.
Foto Megawati Soekarnoputri bersama Ganjar Pranowo beserta narasi yang menyebut ketua umum PDIP rekomendasikan Ganjar Pranowo maju sebagai capres 2024.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar sebuah foto yang memperlihatkan sosok Megawati Soekarnoputri bersama Ganjar Pranowo. Foto tersebut dibagikan di media sosial disertai dengan narasi bahwa Ketua Umum PDIP itu merekomendasikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Foto beserta narasi tersebut diunggah akun Facebook: Merah Marun Kendal di grup publik DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA pada 10 Desember 2021.

Advertisement

Berikut narasi lengkapnya:
KETUA UMUM PDIP MEREKOMENDASIKAN BAPAK GANJAR MAJU CAPRES 2024. SUDAH DI PASTIKAN GANJAR PRANOWO PENERUS BAPAK JOKOWI.
#BeraniJujurHebat

Pantauan Cek Fakta TIMES Indonesia, hingga Senin (15/12/2021) pukul 21:57 WIB, postingan tersebut telah dibagikan 44 kali, dan mendapat 81 komentar, serta mendapat respons emoji sebanyak 114 kali.

cek fakta Ganjar Pranowo Maju Capres 2024 3Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/groups/2895291330700849/posts/3131248283771818/)

Kami juga menemukan postingan yang serupa oleh akun Facebook Adma Wijaya di grup Info Politik Indonesia pada 9 Desember 2021. 

cek fakta Ganjar Pranowo Maju Capres 2024 4Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/groups/1313336895680331/posts/1579755702371781/)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa foto tersebut memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merekomendasikan Ganjar Pranowo maju sebagai capres 2024, salah. Kami menelusuri dan menemukan fakta bahwa foto tersebut tidak ada kaitan dengan Ganjar Pranowo maju capres pada Pilpres 2024.

Kami menelusuri foto tersebut dengan menggunakan reverse image dan menemukan foto tersebut merupakan karya fotografer Antara bernama Sigid Kurniawan. 

Foto tersebut dalam konteks Megawati Soekarno memberi rekomendasi kepada Ganjar Pranowo maju dalam Pilgub Jawa Tengah pada Pilkada 2018. Megawati juga memberikan rekomendasi kepada pasangan calon (cagub dan cawagub) lima provinsi lainnya.

Mengutip keterangan foto di Antara, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan berkas rekomendasi kepada bakal calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Minggu (7/1/2018). 

"Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) menyerahkan berkas rekomendasi kepada bakal calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). PDIP resmi mengumumkan para cagub dan cawagub enam provinsi yakni provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur pada Pilkada 2018. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/18," tulis Antara.

cek fakta Ganjar Pranowo Maju Capres 2024 2Sumber: PENGUMUMAN CAGUB-CAWAGUB PDIP | ANTARAFOTO

Terkait dengan capres 2024, PDI Perjuangan belum memberikan rekomendasi terkait Pilpres 2024 hingga hari ini, Selasa (14/12/2021).

Mengutip detik.com, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan soal capres dan cawapres ditetapkan oleh Ketum Megawati Soekarnoputri.

"Ibu Mega lah yang nanti memutuskan. Politik itu ada seni. Nanti ada momentumnya. Capres dan cawapres akan disampaikan pada momentum tepat. Apalagi dari survei, perhatian utama rakyat masih pada masalah perekonomian dan pandemi, bukan capres cawapres," kata Hasto.

cek fakta Ganjar Pranowo Maju Capres 2024Sumber: PDIP: Jangan Bawa Kontestasi Pilpres Terlalu Awal, Kasihan Pak Jokowi | Detik

KESIMPULAN

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa foto tersebut memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merekomendasikan Ganjar Pranowo maju sebagai capres 2024, salah. Faktanya, foto tersebut tidak memiliki kaitan dengan kontestasi Pilpres 2024.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk ke dalam kategori jenis False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES