Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Bill Gates Bikin Game Berjudul Omicron Tahun 1999

Sabtu, 18 Desember 2021 - 09:12 | 72.82k
Sebuah cuitan tentang video game Bill Gates dari tahun 1999 berjudul Omicron.
Sebuah cuitan tentang video game Bill Gates dari tahun 1999 berjudul Omicron.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar kabar yang menyebut Bill Gates pernah membuat game berjudul Omicron dari tahun 1999. Kabar tersebut beredar di media sosial Twitter, dibagikan oleh akun @ElvyWise pada 7 Desember 2021.

Dalam cuitannya, pengguna akun tersebut juga mengunggah poster “Omicron: The Nomad Soul”. Akun itu juga menyertakan narasi sebagai berikut: 

Advertisement

"Who will you be when you die?"... Tagline from Bill Gates' video game from 1999 called. " OMICRON " 

it's about losing your soul... Sounds incredible, right? 

#REALITY #Fiction Bill Gates #Omicron
#OmikronVariante

Terjemahan:
"Siapakah kamu ketika kamu mati? "... Tagline dari video game Bill Gates dari tahun 1999 berjudul " OMICRON "

ini tentang kehilangan jiwamu... Kedengarannya luar biasa, bukan?

cek fakta Bill Gates Game OmicronSumber: Twitter (https://twitter.com/ElvyWise/status/1468066920016625667)

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa Bill Gates pernah membuat game berjudul Omicron dari tahun 1999, salah. Kami menelusuri dengah menggunakan mesin pencari Google, dan menemukan fakta bahwa game tersebut bukan milik Bill Gates.

Penelusuran kami dengan menggunakan kata kunci: Omikron: The Nomad Soul, ditemukan adanya poster yang identik dengan unggahan akun @ElvyWise, pada situsimdb.com. Tertulis pada situs tersebut "Omikron: The Nomad Soul (1999 Video Game)".

cek fakta Bill Gates Game Omicron 2Sumber: Omikron: The Nomad Soul - Plot Summary - IMDb

Melansir mcvuk.com, The Nomad Soul (dikenal sebagai Omikron: The Nomad Soul di Amerika Utara) adalah sebuah game petualangan yang dikembangkan oleh Quantic Dream dan diterbitkan oleh Eidos Interactive .

Game video tersebut dirilis untuk Microsoft Windows pada tahun 1999 dan Dreamcast pada tahun 2000. Namun game itu bukan dibuat oleh Microsoft. Omikron dalam game itu merupakan nama sebuah kota.

cek-fakta-Bill-Gates-Game-Omicron-4.jpgSumber: David Cage: From the brink - MCV/DEVELOP

Pada saat dirilis pertama kali, mengutip ign.com, game tersebut berjudul “The Nomad Soul”, dan baru ketika dirilis di wilayah Amerika Utara, judul game kemudian diganti menjadi “Omicron: The Nomad Soul”.

cek fakta Bill Gates Game Omicron 3Sumber: Omikron: the Nomad Soul - IGN

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, klaim bahwa Bill Gates pernah merilis game berjudul Omicron dari tahun 1999, salah. Kami menemukan fakta, game Omicron bukan milik atau dibuat oleh Bill Gates.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, konten tersebut masuk ke dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES