Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Aktor Film Adam Sandler Meninggal karena Tenggelam

Selasa, 18 Januari 2022 - 16:14 | 85.93k
Video singkat disertai narasi tentang aktor Adam Sandler meninggal dunia karena tenggelam.
Video singkat disertai narasi tentang aktor Adam Sandler meninggal dunia karena tenggelam.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video disertai narasi bahwa aktor Adam Sandler meninggal dunia karena tenggelam. Kabar tersebut beredar di media sosial TikTok dan dibagikan oleh akun @gio.yurr.

Berikut narasi yang disertakan pada video singkat berdurasi 10 detik:

Advertisement

Adam Sandler has now been pronounced dead after drowning

Terjemahan:

Adam Sandler kini telah dinyatakan meninggal setelah tenggelam

cek fakta Adam Sandler 2Sumber: TikTok (https://www.tiktok.com/@gio.yurr/video/6901055179714497797)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, kabar aktor Adam Sandler meninggal karena tenggelam tidak benar. Faktanya, Adam Sandler masih hidup hingga saat ini.

Penelusuran kami menemukan informasi Adam Sandler meninggal sudah banyak beredar di media sosial baik TikTok maupun Twitter. Portal media The Sun menyebut hal tersebut bermula dari lelucon yang tengah viral, di mana pengguna TikTok merekam reaksi teman atau keluarga mereka apabila mendengar kabar mengenai kematian Adam Sandler.

cek fakta Adam Sandler 3Sumber: Why is ‘Adam Sandler dead’ trending? | The Sun.com

Kami menelusuri akun Twitter resmi Adam Sandler @AdamSandler. Tercatat pada 10 Januari 2022 akun tersebut masih aktif. Begitu pun di akun Instagramnya @adamsandler yang juga masih aktif memposting pada 10 Januari 2022.

Pemeriksaan atas klaim serupa pernah dilakukan oleh Snopes dalam artikelnya berjudul "Adam Sandler Death Hoax". Artikel tersebut dipublikasikan pada 13 Januari 2017, kemudian diperbarui pada 13 Januari 2022. Snopes menyatakan, informasi aktor Adam Sandler ditemukan tewas adalah fake news atau berita palsu.

cek fakta Adam Sandler 4Sumber: Adam Sandler Death Hoax | Snopes

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi aktor Adam Sandler meninggal karena tenggelam, tidak benar. Adam Sandler masih hidup hingga saat ini.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, konten tersebut masuk ke dalam kategori fabricated content (konten palsu). Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. 

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES