Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Megawati Ingin Rombak Pancasila

Selasa, 26 April 2022 - 18:42 | 72.92k
CEK FAKTA: Salah, Video Megawati Ingin Rombak Pancasila
Tangkapan layar video cuplikan Presiden pertama RI Soekarno dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang dibagikan akun Facebook Susilo Bagas. Video tersebut berisikan cuplikan berupa pidato Presiden pertama RI Soekarno dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tentang Pancasila. 

Dalam video tersebut, Megawati mengatakan, "Pancasila itu apa? Tidak ada artinya. Kita harus rombak. Kita harus dirikan."

Akun Susilo Bagas membagikan video berdurasi 57 detik itu di Grup Facebook: Nusantara Cyber Community pada 8 April 2022.

Ia menyertakan narasi dalam unggahannya sebagai berikut:

Inilah contoh anak yg durhaka sama orang tuanya ..

Hingga Selasa (26/4/2022) pukul 15:45 WIB, video beserta narasi yang dibagikan akun Susilo Bagas telah dibagikan ulang sebanyak 5 kali.

cek-fakta-Megawati-Rombak-Pancasila.jpgSumber: https://www.facebook.com/groups/379250430033492/posts/656387538986445/

Benarkah Megawati akan merombak Pancasila?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, video yang disebarkan akun Susilo Bagas pada 8 April 2022 merupakan hasil penyuntingan atau editan. 

Video lengkap Megawati Soekarnoputri bisa dilihat di kanal YouTube metrotvnews. Stasiun televisi berita Metro TV telah mengunggah video lengkap berdurasi 1 jam 6 menit 38 detik di kanalnya dengan judul: (Full) Pidato Politik Megawati di Kongres V PDIP 2019 di Bali. 

Pada video lengkapnya, Megawati Soekarnoputri tidak mengatakan ingin merombak Pancasila. Namun sebaliknya, Megawati berulang kali mengatakan agar jangan sekali-kali mengubah atau merombak dasar Negara Indonesia.

cek-fakta-Megawati-Rombak-Pancasila-2.jpgSumber: (Full) Pidato Politik Megawati di Kongres V PDIP 2019 di Bali | YouTube/metrotvnews

Klaim serupa pernah diperiksa oleh Turnbackhoax.id, jaringan Cek Fakta TIMES Indonesia, dalam artikel berjudul “[SALAH] Video “Ini bukti megawati ingin merubah pancasila”. Dalam pemeriksaannya, Turnbackhoax menyimpulkan klaim tersebut salah. 

cek-fakta-Megawati-Rombak-Pancasila-3.jpgSumber: [SALAH] Video “Ini bukti megawati ingin merubah pancasila” | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim tentang Megawati ingin merombak Pancasila, salah. Video yang dibagikan akun Facebook Susilo Bagas merupakan hasil suntingan/editan. Dalam video aslinya, Megawati justru mengatakan jangan sekali-kali mengubah atau merombak Pancasila. Selain itu, video tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan FirstDraft, kabar tersebut termasuk dalam kategori manipulated content (konten manipulasi). Konten jenis ini biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES