Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Rumah Ustadz Abdul Somad di Pekanbaru Terbakar

Jumat, 20 Mei 2022 - 16:37 | 102.70k
Postingan video dengan narasi tentang rumah Ustadz Abdul Somad (UAS) di Pekanbaru terbakar.
Postingan video dengan narasi tentang rumah Ustadz Abdul Somad (UAS) di Pekanbaru terbakar.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video disertai narasi tentang rumah Uztadz Abdul Somad (UAS) di Pekanbaru terbakar. Video tersebut diunggah di media sosial Facebook pada 15 Mei 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berdurasi 5 menit 50 detik yang terdapat tulisan "Begini Kondisi Rumah UAS Yang Terbakar ". 

Advertisement

Dalam postingan tersebut terdapat narasi bahwa rumah UAS yang terbakar itu ada di Pekanbaru. Akun tersebut juga menyertakan narasi berikut:

Rumah UAS Terbakar,
Kondisi Rumah UAS Setelah Kebakaran. ...

cek-fakta-Rumah-Ustadz-Abdul-Somad.jpgSumber: https://web.facebook.com/Mediaislam6/videos/516384636878444/

Benarkah informasi tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, rumah yang terbakar dalam video tersebut bukanlah rumah Ustadz Abdul Somad (UAS). 

Melalui akun Instagramnya, pada Senin (16/5/2022) UAS membuat klarifikasi soal rumah yang kabarnya milik dia, terbakar. UAS membantah kabar rumahnya terbakar.

UAS menjelaskan, rumah terbakar yang dikunjunginya di Pekanbaru merupakan rumah sahabatnya.

“Yang betul adalah bahwa hari Sabtu pagi, saya menjenguk rumah sahabat saya. Sahabat saya, rumahnya kebakaran di Pekanbaru. Saya jenguk sebagai bentuk bela sungkawa, simpati, sebagai sahabat. Gambar saya itu dishare orang, lalu dibuat beritanya rumah saya kebakaran. Yang betul adalah rumah sahabat saya,” kata UAS.

cek-fakta-Rumah-Ustadz-Abdul-Somad-6.jpgSumber: Instagram/@ustadzabdulsomad_official

Penelusuran atas klaim serupa juga telah dilakukan kompas.com dan Turnbackhoax.id. Informasi perihal rumah UAS yang terbakar telah disebarkan oleh sejumlah akun Facebook.

cek-fakta-Rumah-Ustadz-Abdul-Somad-3.jpgSumber: [HOAKS] Rumah Ustaz Abdul Somad Ludes Terbakar | Kompas

cek-fakta-Rumah-Ustadz-Abdul-Somad-4.jpgSumber: [SALAH]: Rumah Ustadz Abdul Somad Terbakar | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta, rumah yang terbakar dalam video tersebut bukan milik Ustadz Abdul Somad, melainkan rumah sahabatnya di Pekanbaru, sebagaimana dijelaskan melalui akun instagram pribadinya.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES