Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Rusia Umumkan Keluar dari PBB

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:35 | 75.80k
CEK FAKTA: Salah, Rusia Umumkan Keluar dari PBB
Klaim yang menyebutkan bahwa Rusia telah mengumumkan keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Video dengan narasi tentang Rusia keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diunggah akun TikTok @amrikas.

Dalam video berdurasi 1 menit 20 detik itu terlihat suasana sidang PBB yang disertai keterangan yang menyatakan bahwa video tersebut menunjukkan momen ketika Rusia mengumumkan keputusannya untuk keluar dari PBB.

Berikut narasi yang dibagikan akun TikTok @amrikas:
rusia sudah umumkan keluar hengkang dari dri perserikatan bangsa bangsa (PBB)

cek-fakta-Rusia-Umumkan-Keluar-dari-PBB-5.jpgSumber: https://www.tiktok.com/@amrikas/video/7084187614345006362

Benarkah informasi tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, Rusia tidak memutuskan keluar dari PBB, tetapi keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB.  Melansir CNN Indonesia, Rusia memutuskan keluar dari keanggotaan Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB usai Majelis Umum menangguhkan status keanggotaannya. Majelis Umum PBB sepakat menangguhkan status keanggotaan Rusia di Dewan HAM sebagai respons atas dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan Moskow selama menginvasi Ukraina.

Duta Besar Rusia untuk PBB, Gennady Kuzmin, menyampaikan keputusan itu tak lama usai hasil jajak pendapat resolusi penangguhan status Rusia lolos dengan dukungan 93 negara.

cek-fakta-Rusia-Umumkan-Keluar-dari-PBB-2.jpgSumber: Marah Status Ditangguhkan, Rusia Keluar Dewan HAM PBB | CNN Indonesia

Informasi keluarnya Rusia dari Dewan HAM PBB juga diberitakan oleh liputan6.com. Disebutkan, Majelis Umum PBB pada Kamis, (7 April 2022, menangguhkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB atas laporan "pelanggaran berat dan sistematis dan pelanggaran hak asasi manusia" di Ukraina. Hal itu mendorong Rusia untuk mengumumkan bahwa mereka keluar dari badan tersebut.

cek-fakta-Rusia-Umumkan-Keluar-dari-PBB-3.jpgSumber: Ditangguhkan dari Badan HAM PBB, Rusia Kemudian Putuskan untuk Mundur | Liputan6

Video berisi informasi Rusia yang memutuskan keluar dari Dewan HAM PBB dipublikasikan oleh Kompas.com di kanal Yotube-nya pada 8 April 2022. Video tersebut diberi judul "Rusia Putuskan Keluar dari Dewan HAM PBB". 

cek-fakta-Rusia-Umumkan-Keluar-dari-PBB-4.jpgSumber: Rusia Putuskan Keluar dari Dewan HAM PBB | YouTube/Kompas.com

KESIMPULAN

Hasil penelusuran tim Cek Fakta, Rusia keluar dari PBB merupakan informasi yang salah. Faktanya, Rusia memutuskan untuk keluar dari Dewan HAM PBB setelah keanggotaannya ditangguhkan akibat invasi yang dilakukan oleh Rusia ke Ukraina.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori konteks keliru (False context). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES