Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Benarkah MUI Izinkan Merek Bir Jadi Sponsor Formula E?

Selasa, 31 Mei 2022 - 16:28 | 97.28k
CEK FAKTA: Benarkah MUI Izinkan Merek Bir Jadi Sponsor Formula E?
Postingan media sosial tentang MUI mengizinkan merek bir jadi sponsor Formula E.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar kabar Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengizinkan merek bir menjadi sponsor Formula E. Kabar tersebut dibagikan akun Facebook Teguh Raharjo pada 26 Mei 2022.

Dalam postingannya, akun Teguh Raharjo mengunggah tangkapan layar tulisan tentang MUI mengizinkan merek bir jadi sponsor Formula E. Akun tersebut juga menyertakan narasi sebagai berikut:

“TERNYATA MUI JAKARTA PENDUKUNG MINUM BIR…HANYA DI JAKARTA BIR HALAL…INILAH AKIBAT GOTBENERNYA TURUNAN ARAB YAMAN…KOPLAAAAK”

cek-fakta-Merek-Bir-Sponsor-Formula-E.jpgSumber: https://www.facebook.com/groups/1940705386255757/permalink/3280234455636170/

Benarkah kabar tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, kabar bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengizinkan merek bir menjadi sponsor Formula E, tidak benar.

Melansir dari jpnn.com, salah satu merek bir yang menjadi sponsor pada Formula E itu adalah sponsor global yang mendukung langsung Formula E Operations (FEO). Hal itu disampaikan oleh Ahmad Sahroni selaku Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Formula E Jakarta. Artinya, perusahaan bir itu tidak hanya mensponsori Formula E di Jakarta, melainkan juga di negara lain. 

Ahmad Sahroni juga menambahkan bahwa hubungan kerja sama sponsor dari merek bir ini ditangani langsung oleh pihak FEO dan tidak ada sangkut pautnya dengan pihak di Indonesia (dalam negeri).

"Bukan urusan dalam negeri. Masa urusan mereka kami ikut campur," kata Sahroni.

cek-fakta-Merek-Bir-Sponsor-Formula-E-2.jpgSumber: Perusahaan Bir Sponsor Formula E Jakarta, nih Penjelasan Sahroni, Oalah | JPNN

Perihal sponsor Formula E, mengutip detik.com, ada empat jenis sponsor yakni sponsor utama, sponsor global, sponsor teknis, dan partner. Sponsor terdiri atas sejumlah perusahaan di seluruh dunia. 

Sedangkan untuk sponsor dalam negeri, mengutip antaranews.com, ada tujuh sponsor  yakni perusahaan ritel telepon seluler dan gawai, bank swasta nasional, hotel, ritel produk elektronik, produk gula, produk makanan dan perusahaan kosmetika. 

cek-fakta-Merek-Bir-Sponsor-Formula-E-3.jpgSumber: Formula E Jakarta gaet tujuh sponsor dalam negeri | ANTARA News

Nama-nama produk yang menjadi sponsor lokal, dikutip dari liputan6.com, yakni retailer gawai Erafone, Bank Arta Graha Internasional, Hotel Discovery Ancol, Gulavit, Electronic City, Paprika, dan MS Glow for Men. 

cek-fakta-Merek-Bir-Sponsor-Formula-E-4.jpgSumber: Tujuh Perusahaan Jadi Sponsor Lokal Formula E Jakarta, Nilainya Capai Rp 100 Miliar | Kompas

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa MUI mengizinkan merek bir jadi sponsor Formula E, tidak benar. Faktanya, merek bir yang menjadi sponsor dalam Formula E tidak ada kaitannya dengan panitia di dalam negeri ataupun MUI.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konten Menyesatkan (Misleading Content). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES