Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Turun Salju di Kota Medan

Jumat, 03 Juni 2022 - 20:02 | 77.56k
CEK FAKTA: Salah, Video Turun Salju di Kota Medan
Video yang diklaim merupakan salju di Kota Medan.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di media sosial dengan narasi turun salju di Kota Medan. Video tersebut dibagikan oleh akun Facebook Yudha Gustiawan (https://www.facebook.com/yudha.jm) pada 27 Mei 2022.

Video berdurasi 31 detik. Dalam video itu terdengar suara seseorang yang menyebut Salju di Padang Bulan. Padang Bulan adalah nama salah satu kelurahan di Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

Berikut ini narasi yang diunggah akun Yudha Gustiawan:

Pertama x Indonesia kota medan
Turun salju...

cek-fakta-Salju-di-Kota-Medan.jpgSumber: https://www.facebook.com/yudha.jm/posts/pfbid02VRhcU6bzVdMtchqiUdLMvFpxThwdYFgf8xTMyxwCFzBZR9FGJiJ2Q1jWhzmD7Fitl

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia menelusuri video tersebut menggunakan bantuan mesin pencari dengan kata kunci tertentu, yakni "salju di padang bulan kota medan". Hasilnya, ditemukan sejumlah artikel dari media arusutama yang telah memeriksa klaim serupa.

Tempo.co, salah satunya, memeriksa kebenaran video tersebut dan menyimpulkan bahwa klaim salju turun di Padang Bulan, Kota Medan, merupakan klaim yang salah. 

cek-fakta-Salju-di-Kota-Medan-2.jpgSumber: Menyesatkan, Video Salju Turun di Padang Bulan, Kota Medan, Sumatera Utara | Tempo

Hal serupa juga disampaikan Liputan6.com (Cek Fakta: Tidak Benar Video Padang Bulan Medan Turun Salju | Liputan6) dan Kompas.com ([HOAKS] Turun Hujan Salju di Medan | Kompas) dalam artikelnya masing-masing. 

Faktanya, buih-buih putih yang terdapat dalam video tersebut bukan salju. Pencarian dengan mesin pencari Google menemukan artikel medan.tribunnews.com berjudul "BERITA FOTO Bak Dunia Salju, Ruas Jalan Jamin Ginting Padangbulan Berbusa". Artikel tersebut tayang pada 22 Oktober 2019.

cek-fakta-Salju-di-Kota-Medan-3.jpgSumber: BERITA FOTO Bak Dunia Salju, Ruas Jalan Jamin Ginting Padangbulan Berbusa | Tribun-Medan

Selain itu, detik.com juga memuat artikel yang menjelaskan  soal jalanan di Padang Bulan Kota Medan yang dipenuhi benda putih mirip salju. Artikel tersebut berjudul "Jalan Jamin Ginting Medan Dipenuhi Busa, dari Mana?" yang tayang pada 22 Oktober 2019.

cek-fakta-Salju-di-Kota-Medan-4.jpgSumber: Jalan Jamin Ginting Medan Dipenuhi Busa, dari Mana? | Detik

Dari kedua artikel tersebut dijelaskan bahwa benda putih yang menutup jalanan itu adalah busa dari sabun cair yang tumpah. Busa tersebut terlihat di Jalan Jamin Ginting, Padangbulan, Kota Medan, pada Selasa (22/10/2019). 

Dengan bantuan mesin pencari, Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan video serupa di kanal Youtube Rizki Ananda putra pada 23 Oktober 2019. Video tersebut berjudul “Hujan salju di medan padang bulan”, yang tayang pada 23 Oktober 2019. Video tersebut telah ditonton 11.171 kali per Jumat (03/06/2022) pukul 13:45 WIB.

cek-fakta-Salju-di-Kota-Medan-5.jpgSumber: Hujan salju di medan padang bulan | YouTube/Rizki Ananda putra

KESIMPULAN

Hasil penelusuran dan pemeriksaan oleh Cek Fakta, video yang diklaim salju turun di Padang Bulan, Kota Medan, adalah salah. Buih-buih putih dalam video tersebut bukanlah salju, melainkan busa sabun cair yang tumpah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konteks keliru (false context). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES