Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Ayah Jokowi Bernama Widjiatno dan Komandan Underbow PKI?

Sabtu, 04 Juni 2022 - 09:43 | 124.05k
CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Ayah Jokowi Bernama Widjiatno dan Komandan Underbow PKI?
Unggahan Poster disertai narasi yang mengklaim ayah Jokowi bernama Widjiatno Komandan Underbow PKI.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar gambar dengan narasi ayah Jokowi bernama Widjiatno merupakan komandan underbow PKI. Gambar beserta narasi tersebut diunggah akun Twitter @AdrianHeriF pada 27 Mei 2022.

Akun tersebut mengunggah poster dengan gambar Jokowi dan seseorang yang diklaim sebagai ayah Jokowi bernama Widjiatno. Terdapat keterangan sosok yang diklaim ayah Jokowi itu merupakan komandan underbouw PKI tahun 1965. 

Dalam poster tersebut terdapat narasi berikut:
Ini lho bapaknya Jokowi, yg namanya Widjiatno !!Dokumen Negara sudah di buka!Jokowi asli PKI Tulen!Ganyang jokowi PKI

cek-fakta-Ayah-Jokowi-Komandan-Underbow-PKI.jpgSumber: https://twitter.com/Adrian_HeriF/status/1530114526649077761

Benarkah klaim tersebut?

CEK FAKTA

Penelusuran dengan Google Reverse Image, pria tersebut bukan ayah Jokowi yang bernama Widjiatno, melainkan Jenderal Wang Zhen. Dia merupakan tokoh politik yang tergabung dalam Partai Komunis Tiongkok.

cek-fakta-Ayah-Jokowi-Komandan-Underbow-PKI-2.jpgSumber: In 1981, Wang Zhen returned home for the seventh time and asked the staff with a smile: Do you think I am vicious? | DayDayNews

Temuan lainnya berupa foto Jenderal Wang Zhen bisa dilihat di laman University of Wisconsin Milawaukee (UWM). (Yan'an (China), General Wang Zhen, Commander of 359th Brigade | UWM Libraries).

Mengutip Tempo.co, foto pria tersebut dalam unggahan akun Echa Valen diambil pada 1944 oleh Harrison Forman dengan catatan “China at War”. Pria dengan pose senyum lebar itu menggunakan topi dan seragam yang sama. Namun, tidak terdapat badge palu arit di kerah seragamnya.

cek-fakta-Ayah-Jokowi-Komandan-Underbow-PKI-3.jpgSumber: [Fakta atau Hoaks] Benarkah Pria di Foto Ini Ayah Jokowi dan Komandan Underbow PKI? | Tempo

Mengenai sosok ayah Jokowi, dengan bantuan mesin pencari, beredar foto-foto dari ayah kandung Jokowi yang bernama Wijiatno Notomiharjo. Laman media Detik.com mengunggah foto-foto ayah Jokowi dalam artikel berjudul “Foto-foto Notomiharjo, Ayah Jokowi yang Sempat Jadi Perbincangan”. Dari foto tersebut, terlihat perbedaan jelas antara wajah ayah kandung Jokowi dan Wang Zhen.

cek-fakta-Ayah-Jokowi-Komandan-Underbow-PKI-4.jpgSumber: Foto-foto Notomiharjo, Ayah Jokowi yang Sempat Jadi Perbincangan | Detik

Sejarah keluarga Jokowi juga bisa disimak dalam artikel Tirto.id berjudul "Sejarah Keluarga Jokowi: dari Lurah, Pedagang, hingga Politikus". Pada artikel yang tayang pada 29 Februari 2020 itu disebutkan bahwa ayah Jokowi bernama Widjiatno Notomihardjo mempunyai usaha penggergajian kayu dan pernah menjadi Ketua Satgas PDIP di Kota Solo. 

cek-fakta-Ayah-Jokowi-Komandan-Underbow-PKI-7.jpgSumber: Sejarah Keluarga Jokowi: dari Lurah, Pedagang, hingga Politikus | Tirto

Pemeriksaan atas klaim serupa juga dilakukan turnbackhoax.id pada 2020 lalu. Artikelnya berjudul “[SALAH] “Ini lho bapaknya Jokowi, yang namanya Widjiatno” ([SALAH] “Ini lho bapaknya Jokowi, yang namanya Widjiatno” | Turnbackhoax) dan [SALAH] Akhirnya Bocor Juga Bapaknya Jokowi Yang Asli ([SALAH] Akhirnya Bocor Juga Bapaknya Jokowi Yang Asli | Turnbackhoax). Artinya, itu hoaks lama yang beredar kembali.

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta,  poster tersebut beserta narasi di dalamnya merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Sosok lelaki yang diklaim bernama “Widjiatno” pada foto tersebut merupakan Jenderal Wang Zhen, tokoh politik dari Partai Komunis Tiongkok. Tidak ada kaitannya dengan Jokowi dan ayah Jokowi yang bernama Widjiatno. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES