Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Penampakan Buaya Berukuran Besar

Kamis, 09 Juni 2022 - 09:08 | 70.98k
CEK FAKTA: Salah, Video Penampakan Buaya Berukuran Besar
Video buaya besar yang beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di media sosial dengan klaim buaya besar. Video tersebut diunggah akun Twitter @KaptenHindustan pada21 Mei 2022.

Dalam video berdurasi 12 detik itu terlihat buaya berukuran besar, juga tampak sejumlah orang berenang di sekelilingnya. 

Adapun narasi yang diunggah akun Twitter @KaptenHindustan:

Big Croc (Terjemahan: Buaya Besar)

cek-fakta-buaya.jpgSumber: https://mobile.twitter.com/KaptanHindostan/status/1527962677066158080

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, penampakan dalam video tersebut bukanlah buaya melainkan robot. Mengutip Turnbackhoax.id, video asli mengenai hal tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Stan Winston School of Character Arts. 

cek-fakta-buaya-2.jpgSumber: Stan Winston School of Character Arts | Facebook

Video lengkap yang diunggah akun Stan Winston School of Character Arts berdurasi 1 menit. Keterangan dalam video postingan Stan Winston bahwa buaya raksasa pada video adalah buaya animatronik berukuran 30 kaki dan sedang diujicobakan di Danau Castaic, Los Angeles, Amerika Serikat. 

Buaya raksasa itu nantinya akan digunakan sebagai objek dalam project film Lake Placid garapan Steve Miner. Film ini mengisahkan pencarian buaya raksasa yang memakan seorang pria.

cek-fakta-buaya-3.jpgSumber: [SALAH] Video Buaya Berukuran Besar | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, penampakan dalam video tersebut bukanlah buaya sungguhan melainkan buaya robot. 

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konteks yang Salah/False Context.

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES