Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Aceh Siapkan Haji Lepas dari Kementerian Agama

Kamis, 16 Juni 2022 - 16:49 | 43.79k
CEK FAKTA: Salah, Video Aceh Siapkan Haji Lepas dari Kementerian Agama
Video dengan narasi Aceh menyiapkan haji lepas dari Kemenag.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video dengan narasi Aceh menyiapkan haji lepas dari Kementerian Agama (Kemenag). Video tersebut beredar di media sosial Twitter, diunggah oleh akun @Tatum_alattas pada 9 Juni 2022.

Dalam video kolase berdurasi 2 menit 20 detik itu terdapat pernyataan seseorang bahwa Aceh mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji yang terlepas dari Kementerian Agama (Kemenag). Video tersebut juga terdapat pernyataan UAS yang membahas haji.

Adapun narasi yang tertulis dalam video:

ACEH SIAPKAN HAJI LEPAS DARI Menag
TERBUKTI CERAMAH UAS SATU TAHUN LALU

Pengguna akun @Tatum_alattas menyertakan narasi sebagai berikut:

Aceh siapkan Haji lepas dari Menag 

Kalo aceh jadi negara...ana ikut aceh hah haiyaaaa ... 

Aceh memang keren 

cek-fakta-Aceh-Siapkan-Haji-Lepas-dari-Kementerian-Agama.jpgSumber: https://twitter.com/Tatum_alattas/status/1534729663469064193

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, narasi dalam video tersebut bahwa Aceh menyiapkan haji lepas dari Kementerian Agama (Kemenag), salah. Mengutip Turnbackhoax.id, hal tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. 

Kemenag menegaskan bahwa potongan dalam video tersebut tidak membahas hal yang berkaitan dengan Aceh yang menyiapkan pengelolaan haji terlepas dari Kementerian Agama. 

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo memastikan informasi bahwa Aceh sedang mempersiapkan haji secara tersendiri, lepas dari penyelenggaraan yang dilakukan Kementerian Agama, adalah tidak benar dan merupakan disinformasi.

“Tidak benar Aceh sedang siapkan haji sendiri, lepas dari Kemenag. Itu disinformasi,” kata Wibowo di Jakarta, Jumat (10/6/2022). 

cek-fakta-Aceh-Siapkan-Haji-Lepas-dari-Kementerian-Agama-2.jpgSumber: Tidak Benar Aceh Siapkan Haji Sendiri, Lepas dari Kemenag | Kemenag RI

Video tersebut merupakan Rapat Kerja DPR RI terkait pembatalan keberangkatan haji pada tahun 2020.

cek-fakta-Aceh-Siapkan-Haji-Lepas-dari-Kementerian-Agama-3.jpgSumber: WARTA PARLEMEN - PEMBATALAN KEBERANGKATAN HAJI AKAN DIKAJI | YouTube/DPR RI

Turnbackhoax.id pernah memeriksa klaim tersebut yang dituangkan dalam artikel cek fakta berjudul “[SALAH] Alhamdulillah Akhirnya Aceh Bisa Berangkat Haji Tanpa Melalui Indonesia”. Artikel tersebut diunggah pada 19 Juni 2020.

cek-fakta-Aceh-Siapkan-Haji-Lepas-dari-Kementerian-Agama-4.jpgSumber: [SALAH] Alhamdulillah Akhirnya Aceh Bisa Berangkat Haji Tanpa Melalui Indonesia | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Penelusuran Cek Fakta, narasi dalam video tersebut bahwa Aceh menyiapkan haji lepas dari Kementerian Agama (Kemenag), salah. Faktanya, hal tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. 

Kemenag menegaskan bahwa potongan dalam video tersebut tidak membahas hal yang berkaitan dengan Aceh yang menyiapkan pengelolaan haji terlepas dari Kementerian Agama. Video tersebut merupakan potongan dari Rapat Kerja DPR terkait pembatalan keberangkatan haji pada 2020.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konten Menyesatkan (Misleading Content). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES