Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Seseorang Meninggal Saat Khotbah

Jumat, 17 Juni 2022 - 16:31 | 82.21k
CEK FAKTA: Salah, Video Seseorang Meninggal Saat Khotbah
Hoaks, video seseorang meninggal saat khotbah yang beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang memperlihatkan seseorang meninggal saat khotbah. Video tersebut beredar di media sosial Facebook, dibagikan oleh akun Alfian Banjari (https://www.facebook.com/profile.php?id=100078976266670) pada 16 Juni 2022.

Akun tersebut membagikan video yang diunggah oleh akun Aan Dinata dalam Reels Facebook (https://www.facebook.com/reel/1168591467266705?s=single_unit). Dalam video tersebut terdapat narasi berikut:

Kematian yang indah 
Meninggal saat khutbah setelah mengucap ‎لا إله إلا الله

Adapun pengguna akun Alfian Banjari menyertakan narasi berikut:

Meninggal saat khutbah.

cek-fakta-Meninggal-Saat-Khotbah.jpgSumber: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0rp7nEDf5d5UgZJjs3xkqRKEVbhkAJfhZbPW43TJhzPfrPn7c1qoY9u5foVqGUyQzl&id=100078976266670

Selain akun tersebut, Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan sejumlah akun yang membagikan video serupa, di antaranya Dwi Dyah Relita Wati pada 7 Juni 2022

cek-fakta-Meninggal-Saat-Khotbah-3.jpg(https://www.facebook.com/dwidyah.relitawati/posts/pfbid02YHNzaYQp75nGHwrd1SNYpCcQQf5dxvV6JncyMP4m7hvbsFXka5S39LyxUEXiWhzkl);

Dadang Riswadi pada 5 Juni 2022

cek-fakta-Meninggal-Saat-Khotbah-4.jpg(https://www.facebook.com/dadang.riswandi.14/posts/pfbid02P5TA3hWfJduBUvpexaWFGdWNygk38sxGn4zmrSBxc6nxeYn1xNN15tARECpGx72Nl).

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, video yang dibagikan akun Alfian Banjari pada 16 Juni 2022 bukan kejadian seseorang meninggal saat khotbah. Video tersebut merupakan potongan dari video kanal Youtube معاذ ابوالحمد الازهرى 

Sumber: YouTube Channel/معاذ ابوالحمد الازهرى

Potongan video tersebut memperlihatkan seseorang yang memberikan contoh orang meninggal saat khutbah. Video tersebut diberi judul قصة موت الخطيب وهو يخطب ويقول لا إله إلا الله قصة حقيقة

cek-fakta-Meninggal-Saat-Khotbah-5.jpgSumber: قصة موت الخطيب وهو يخطب ويقول لا إله إلا الله قصة حقيقة | YouTube/ معاذ ابوالحمد الازهرى

Pemeriksaan atas video serupa juga dilakukan oleh Turnbackhoax.id dalam artikelnya berjudul [SALAH] Video “Meninggal Saat Khutbah” yang tayang pada 15 Juni 2022. 

cek-fakta-Meninggal-Saat-Khotbah-6.jpgSumber: [SALAH] Video “Meninggal Saat Khutbah” | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, video tersebut merupakan potongan video yang memberikan contoh kejadian orang meninggal saat khotbah.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konten Menyesatkan (Misleading Content). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES