Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Tangkapan Layar Artikel Wartakota "Viral Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN Mencapai Rp 6 Miliar"

Rabu, 03 Agustus 2022 - 09:32 | 55.13k
CEK FAKTA: Salah, Tangkapan Layar Artikel Wartakota
Tangkapan layar artikel Wartakota berasal dari media Tempo.co yang telah diedit.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar tangkapan layar artikel berjudul "Viral Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN Mencapai Rp 6 Miliar". Tangkapan layar tersebut beradar di media sosial Facebook, dan dibagikan oleh akun Dian DM Mayasari (https://www.facebook.com/iin.ismawati.3745) pada 17 Juli 2022.

Dalam tangkapan layar tersebut, tertera nama media online Wartakota sebagai pembuat artikel. 

Akun Dian DM Mayasari menyertakan narasi dalam unggahannya sebagai berikut:

Ruang kerja biayanya 6 M . Dihuni nenek2 otak seupil .

cek-fakta-Renovasi-Ruang-Kerja-Megawati.jpgSumber: https://www.facebook.com/iin.ismawati.3745/posts/pfbid0MLTdQ2wY3piWMbcYVaP63sXSdfuy9Z4KBF3G8sdinUGTsHMGfwmA6Q24h7LBLwHml

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, tangkapan layar artikel  Wartakota berjudul "Viral Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN Mencapai Rp 6 Miliar", tidak benar. 

Setelah ditelusuri artikel dengan judul serupa, ditemukan bahwa artikel dengan judul tersebut bukan diterbitkan oleh Wartakota. 

Pencarian dengan Google Search Image, tangkapan layar tersebut merupakan tampilan dari media Tempo.co dalam artikel dengan judul sama, yang diterbitkan pada 16 Juli 2022 pukul 14:30 WIB. Terlihat adanya kesamaan judul, jenis huruf, serta gambar yang dijadikan sebagai foto berita.

cek-fakta-Renovasi-Ruang-Kerja-Megawati-2.jpgSumber: Viral Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN Mencapai Rp6 Miliar | Tempo

KESIMPULAN

Hasil penelusuran yang telah dilakukan, tangkapan layar artikel pada unggahan Facebook tersebut bukan diproduksi oleh media Wartakota. Artikel tersebut diunggah oleh media Tempo.co.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Manipulated Content (Konten Manipulasi). 

Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES